Dalam Waktu 2 Bulan, Pelabuhan Tanjung Wangi Disandari 184 Kapal

0
1530


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Pelabuhan Tanjung Wangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang berada di bawah kewenangan Pelindo III mencatat kinerja positif terkait arus kunjungan kapal hingga Februari 2018.

Tercatat jumlah kunjungan kapal hingga Februari 2018 sebanyak 184 unit dengan jumlah gross tonnage (GT) 660,494. Jika dibandingkan dengan periode yang sama Februari 2017 hanya tercatat sebanyak 96 unit dengan jumlah gross tonnage 165,290 GT.

Perbandingan antara tahun 2017 dan 2018 dari segi unit kapal mengalami kenaikan sebesar 92 persen dan GT mengalami peningkatan sebesar 300 persen. Kenaikan itu juga diikuti oleh berth occupancy ratio (BOR) yang mencapai 16,74 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Loading...

“Telah terjadi tren positif di Pelabuhan Tanjung Wangi sejak awal tahun 2018 yang mencapai 111 persen dalam satuan gross tonnage (GT). Kenaikan tersebut dari jenis layanan bongkar muat pupuk curah dan curah cair BBM,” kata General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Wangi Lina Ratnasari.

“Sejak Januari 2018, rata-rata kapal yang sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi berukuran besar dengan panjang di atas 160 meter yang melayani kegiatan bongkar muat curah maupun bag cargo. Dengan ukuran kapal yang semakin besar secara otomatis menambah tingkat penggunaan dermaga,” imbuhnya.

Lina mengungkapkan, kapal berbendera asing kini mulai rutin masuk melalui Pelabuhan Tanjung Wangi dengan membongkar muatan berupa bahan pangan dan curah cair seperti kapal MT Raina dengan GT 14.320 LOA 156 berbendera Singapura. Di tahun 2018, pihaknya optimistis terjadi pencapaian positif di Pelabuhan Tanjung Wangi.

“Dengan dimulainya kegiatan bongkar muat offshore pada pertengahan tahun 2018, secara otomatis akan sejalan dengan tingkat penggunaan lahan maupun gudang di wilayah kami,” kata Lina.

PT Pelindo III Cabang Tanjung Wangi menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut.

Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, PT Pelindo HI Cabang Tanjung Wangi mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi negara dan masyarakat.

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :