Beranda Sosial Delapan Kabupaten Adu Seni Budaya Pantai Selatan

Delapan Kabupaten Adu Seni Budaya Pantai Selatan

0
1685

ritual-upacara-adat-kabupaten-lumajang-di-pelinggihan-dinas-pariwisata-banyuwangi-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Lantunan gending Jawa dicampur alunan mantra kemarin (19/11) pagi memenuhi Pelinggihan Dinas Pariwisata Banyuwangi. Tak hanya  itu, aroma bau dupa kemudian menyeruak di tengah suara-suara tersebut. Hari itu, delapan kabupaten yang ada di Jawa Timur saling menampilkan ritual  adat dan budaya khas yang mereka miliki  dalam Festival Kesenian Kawasan Selatan  (FKKS) tahun 2016.

Delapan kabupaten yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu adalah Tulungagung, Kabupaten Blitar, Jember, Kabupaten Malang, Lumajang, Trenggalek, Pacitan dan tuan rumah Banyuwangi. Mereka masing-masing menampilkan seni budaya khas wilayah yang memiliki  Pantai Selatan dengan tema Ritus Padi.

Seperti Tari Gledek (Lumbung Padi) dari Kabupaten Blitar, Tari Methik  Kabupaten Pacitan dan Ritual Wiwitan, dari Kabupaten Lumajang. “Festival ini dilakukan setiap tahun, pesertanya adalah  kabupaten/kota yang berada di wilayah Pantai Selatan Jawa Timur. Ini sudah  yang ke-12 kalinya,” ujar Kepala Bidang   Budaya, Seni dan Film (BSF) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Jawa Timur, Hartini.

Loading...

Ditambahkan, fungsi festival ini mengenalkan seni budaya dari delapan wilayah itu. Juga untuk memperkuat ikatan. Diharapkan, wisatawan yang melihat pagelaran seni ini bisa lebih mengenal ragam budaya masyarakat pantai selatan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!