Dihibur Manuver Pesawat Latih

0
718

BANYUWANGI – Ratusan pasukan dari berbagai instansi militer kemarin pagi hadir dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-70 yang berlangsung di lapangan Taman Blambangan.

Selain pasukan TNI AD, TNI AL, dan polisi militer, hadir pula taruna dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Banyuwangi (BPSB), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polres Banyuwangi, dan Akademi Kelautan Banyuwangi (AKABA).

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Orang nomor satu di Pemkab Banyuwangi itu membacakan sambutan dari Presiden Indonesia dalam HUT TNI tersebut. Isi sambutan bertema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian.

Dalam sambutan itu, presiden mengharapkan momen 70 tahun TNI dapat kembali mengingatkan TNI sebagai tentara rakyat, tentara nasional, dan tentara profesional yang ke depan membuat TNl dapat bersinergi dengan rakyat dalam setiap tugas.

TNI merupakan bagian dari rakyat. Yang memiliki hubungan layaknya ikan dan air. TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat dan tidak boleh jauh dari rakyat karena bersama rakyatlah TNI kuat. “TNI adalah perekat kemajemukan dan penjaga persatuan, sehingga tidak boleh bersekat-sekat baik dalam hal suku maupun golongan,” kata Anas dalam sambutannya.

Usai mendengarkan sambutan, peserta upacara mendapat hiburan menarik. Taruna-taruna dari BPSB unjuk kebolehan dengan atraksi marching band.  Sang mayoret beberapa kali melemparkan tongkat dalam atraksi tersebut.

Di tengah atraksi, tiba-tiba muncul tiga buah pesawat latih jenis Cessna di atas langit Taman Blambangan. Calon pilot dari sekolah penerbang itu melakukan atraksi flying pass yang disaksikan ratusan peserta upacara.

Tepuk tangan meriah membahana di panggung kehormatan setelah menyaksikan manuver-manuver calon pilot dengan pesawat Cessna itu. Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan usai upacara HUT TNI itu mengatakan, TNI beserta instansi lain siap bekerja sama membantu dan mendukung program pemerintah.

Baca :
Suami Jarang Pulang, Seorang Wanita di Genteng Ditemukan Gantung Diri

Selain itu, juga siap menyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang. “Kami para TNI siap all out memberikan dukungan pengamanan pilkada agar Banyuwangi tetap kondusif dan aman,” ujar Wahyu. (radar)