Ditunggu Warga Lokal, Diminati Turis Asing

0
378
GRATIS: Salah satu adegan pentas seni budaya di Taman Blambangan.
GRATIS: Salah satu adegan pentas seni budaya di Taman Blambangan.

Sejak Februari 2012, warga Banyuwangi memiliki hiburan baru. Setiap dua pekan, pemkab menyuguhkan tontotan gratis, yakni Aktualisasi Seni dan Budaya  Daerah di panggung seni Taman Blambangan.
-A.F. ICHSAN RASYID, Banyuwangi-


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PENTAS aktualisasi seni dan budaya daerah itu sudah lima kali dilaksanakan di tahun 2012 ini. Hingga akhir tahun mendatang, acara tersebut akan berlangsung dua kali dalam satu bulan. Respons warga terhadap acara tersebut cukup tinggi.

Hampir semua kalangan dan lintas generasi menyaksikan acara yang digelar setiap malam minggu tersebut. Jumlah pengunjung acara tersebut terus bertambah. Pada pergelaran pertama, penonton masih relatif sepi dan tidak terlalu banyak. Namun, sejak pergelaran ketiga, jumlah pengunjung meningkat tajam. Bahkan, fasilitas tempat duduk yang disiapkan di depan panggung terbuka itu selalu kurang, padahal sudah ditambah terus.

Lantaran fasilitas yang disediakan tidak mencukupi, akhirnya pengunjung harus rela berdiri dan duduk lesehan di atas rumput. Pengunjung tidak hanya warga Kota Banyuwangi, tapi juga ada yang sengaja datang dari kecamatan lain. Beberapa warga kecamatan lain sengaja datang dan bermalam mingguan di Banyuwangi hanya untuk menyaksikan aktualisasi seni dan budaya itu.

Walau masih didominasi warga Kota Banyuwangi, tapi warga luar kota yang menonton acara tersebut terus bertambah. Melihat antusias warga, pemkab berencana menambah jadwal pertunjukan. Dalam perubahan PAK APBD 2012, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai pihak pelaksana berencana menggelar even itu setiap minggu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last