DPRD Ajukan Recall Daroji

0
406
Kita akan proses usulan PAW pimpinan dewan setelah anggota KPU lengkap SYAMSUL ARIFIN Ketua KPU Banyuwangi

BANYUWANGI – Partai Demokrat (PD) tampaknya benar-benar serius merecall salah satu kadernya, H. Daroji, dari keanggotaan DPRD. Indikasinya, surat permohonan pergantian antar-waktu (PAW) Daroji sudah masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ba-nyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Permohonan PAW itu dikirim pimpinan DPRD. Dalam surat itu, pimpinan DPRD minta KPU memproses pergantian Daroji sebagai anggota DPRD. Ketua KPU, Syamsul Arifin, mengungkapkan bahwa surat permohonan itu diteken empat pimpinan DPRD, termasuk wakil ketua DPRD dari Partai Demokrat, H. Adil Ahmadiyono.

Dalam permohonan recall yang disampaikan pimpinan DPRD itu tidak menyebutkan alasan kenapa wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) III tersebut hendak di -recall. Surat permohonan PAW itu hanya berisi usulan nama ca-lon anggota DPRD yang akan menggantikan Daroji. “Usulan pengganti Pak Daroji adalah Pak Sihombing,” sebut Syam-sul.

Loading...

Pihaknya sudah mengecak dokumen hasil Pemilu 2009 lalu. Sihombong, kata Syam-sul, merupakan caleg yang mendapat suara terbanyak se-telah Daroji. Lantaran dia mendapat suara terbanyak, maka Sihombang berhak menggantikan Daroji sebagai anggota DPRD. Hanya saja, KPU belum bisa memproses usul PAW yang disampaikan pimpinan DPRD itu. Sebab, untuk memproses PAW yang disampaikan DPRD, harus ada keputusan pleno terlebih dulu.

Sementara KPU belum bisa menggelar pleno ka-rena dua anggota diberhentikan dan penggantinya belum ditetapkan. “Dengan tiga anggota yang ada sekarang, pleno tidak quorum. Untuk mengam-bil keputusan, pleno harus qu-orum,” jelasnya. Untuk memproses usul PAW Daroji, KPU sudah mengambil keputusan, yaitu menunda hingga rapat pleno bisa digelar.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2