Dua Perawan Usung Sesaji Petik Laut

0
561

duaPESANGGARAN – Ritual petik laut yang dilakukan pada tahun baru Islam alias 1 Suro di Pantai Lampon, Dusun Ringinsari, Desa/Kecamatan Pesanggaran, berlangsung meriah kemarin pagi. Sejak pagi warga dari berbagai kecamatan di Banyuwangi Selatan, baik tua maupun muda, berdatangan ke pantai Laut Selatan tersebut untuk menyaksikan ritual tahunan itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain ribuan warga, acara tersebut juga dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan Pesanggaran dan Wakapolres Banyuwangi, Kompol Agus Widodo, yang sekaligus mendapat kehormatan memasang cincin kail emas di telinga kepala sapi yang akan dilarung. Ritual petik laut tersebut diawali ruwatan wayang kulit di Pantai Lampon hingga pukul 12.00. Usai ruwatan, dilanjutkan mengarak sesaji dari pangkalan TNI Marinir menuju pantai.

Sesaji tersebut dibawa dua perempuan muda yang masih perawan dan diiringi puluhan pemuda yang berpakaian adat Jawa. Ketua panitia, Suharsono alias Paeno mengatakan, ritual tersebut adalah agenda tahunan yang dilakukan para nelayan secara turun-temurun. “Kami berharap ikan tangkapan para nelayan melimpah,” harapnya. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Kata kunci yang digunakan :