Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Duh, Wisatawan Kawah Ijen Keluhkan Tak Bisa Lihat Blue Flame

Blue Flame TWA Kawah Ijen Banyuwangi (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA.CO.ID – WD (23) seorang wisatawan asal Surabaya, mengaku tidak bisa melihat api biru atau blue flame di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Kabupaten Banyuwangi.

“Ya sayang saja, kami datang jauh dari Surabaya itu pengen lihat blue flame. Tapi ternyata tidak bisa,” kata WD, Selasa (22/2/2022).

Dijelaskan, blue flame tidak bisa dilihat karena adanya aturan waktu masuk menuju puncak Ijen sekitar pukul 03.00 WIB. Sementara menuju puncak Ijen membutuhkan waktu sekira 3 jam.

“Jadi tidak bisa sampai melihat blue flame. Sudah terlalu siang. Padahal jika pengen melihat blue flame harus kondisi gelap,” terang WD.

Pengalaman tidak menyenangkan selanjutnya juga dialami oleh ST (20) wisatawan asal Jakarta. Dia mengaku datang ke TWA Kawah Ijen sekira pukul 00.30 WIB, Selasa (22/2/2022).

ST mengira pembukaan Kawah Ijen itu sekira pukul 01.00 WIB, dengan harapan bisa melihat blue flame. Namun ternyata harapan kebahagiaan itu berubah menjadi nestapa. “Lah kok datang ke sini dibuka jam 03.00 WIB. Jadi tidak bisa melihat blue flame,” katanya.

ST pun kecewa, padahal daya tarik TWA Kawah Ijen adalah blue flame. “Ya dibuka lagi lah seperti dulu. Karena perjalanan kesana itu butuh waktu sekitar 3 jam. Kalau dibuka jam 3 ya jam 6 sampai sana. Sudah terang tidak ada Blue Flame,” tandas ST.

Pihaknya berharap, ada kebijakan dari pengelola destinasi wisata TWA Kawah Ijen untuk membuka kembali pendakian seperti sedia kala.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/397816/duh-wisatawan-kawah-ijen-keluhkan-tak-bisa-lihat-blue-flame

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE