Beranda Kesehatan Gizi Ibu Hamil Wajib Seimbang

Gizi Ibu Hamil Wajib Seimbang

0
483
GIZI: Konseling gizi dilakukan terhadap pasien rawat inap di RS Al Rohmah.
GIZI: Konseling gizi dilakukan terhadap pasien rawat inap di RS Al Rohmah.

BAGI ibu hamil atau ibu yang sedang merencanakan kehamilan, hendaknya memperhatikan hal–hal yang mendukung kesehatan ibu hamil itu sendiri maupun tumbuh kembang janin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dengan demikian, pada akhirnya ibu hamil akan tetap sehat selama masa kehamilan dan anak yang dilahirkan dalam keadaan sehat. Nah, salah satu aspek yang mendukung hal tersebut adalah asupan gizi.

Pada keadaan hamil, kebutuhan ibu akan zat gizi bertambah. Pertambahan tersebut dikarenakan adanya janin dan juga mempersiapkan proses laktasi (menyusui) setelah melahirkan. Kebutuhan tersebut, meliputi kalori, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil dipergunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin sebesar 40 %. Sedangkan 60 % untuk memenuhi kebutuhan ibu. Apabila asupan gizi pada ibu hamil tidak sesuai dengan kebutuhan, maka kemungkinan dapat terjadi gangguan dalam kehamilan. Baik terhadap ibu maupun janin yang dikandungnya. Pada trimester I (3 bulan pertama kehamilan), pertumbuhan janin masih lambat.

Kebutuhan gizi untuk janin belum  begitu besar, namun ibu hamil sering merasakan ketidaknyamanan, seperti mual dan muntah. Pertumbuhan janin mulai cepat pada usia kehamilan trimester II dan III (4–9 bulan kehamilan). Saat itu dibutuhkan konsumsi zat gizi dalam jumlah banyak dan berkualitas. Apa saja panduan bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizinya?

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!