H-9 Lebaran, Ratusan Pemudik Asal Sapeken Padati Pelabuhan Tanjung Wangi

0
697

Pemudik-tujuan-Sapeken-menuju-KM-Sabuk-Nusantara-56-di-Pelabuhan-Tanjung-Wangi,-kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KEPADATAN arus mudik menuju Pulau Sapeken, Sumenep lewat Pelabuhan Tanjung Wangi sudah mulai terasa kemarin. Ratusan pemudik diangkut KM Sabuk Nusantara 56. Kapal dengan kapasitas 280 penumpang terisi penuh.

Kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Wangi menuju Sapeken pukul 18.00, Minggu kemarin (26/6). Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Wangi, Ugan Sugiyana mengatakan, jumlah penumpang menuju Sapeken mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya. Hal ini menandakan bahwa  arus mudik warga Kepulauan  Sapeken memang sudah dimulai.

”Siang ini pukul 12.00 (kemarin) tiket sudah terjual 220 lembar. Kami prediksi habis sampai pemberangkatan nanti pukul 18.00 (kemarin),” jelas Ugan. Selain KM Sabuk Nusantara 56, pihak pelabuhan juga sudah  menyediakan KM Sabuk   Nusantara 27 untuk bisa berlayar  ke Pulau Sapeken ataupun sebaliknya.

Nah, pada saat angkutan Lebaran ini, jumlah armada menuju Pulau Sapeken juga ditambah dengan kapal mudik dan balik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

”Untuk yang tidak kebagian tiket, lebih baik menunggu pemberangkatan kapal berikutnya. Pemudik tetap harus taat aturan. Segi keselamatan sudah kami  pastikan siap, kami sudah sediakan 400 life jacket, kita terus  pantau kapal sampai ke tujuan,” tegas Ugan.

Sedianya, KM Sabuk Nusantara 56 kemarin dijadwalkan akan bertolak ke Pulau Sapeken dari Pelabuhan Tanjung Wangi tepat pukul 18.00. Namun, para pemudik sudah mulai mengantre di ruang tunggu penumpang sejak pagi kemarin.

Tidak hanya menunggu di ruang tunggu, banyak juga pemudik yang sengaja menginap di hotel dulu untuk menunggu kapal berangkat ke Pulau Sapeken. Sekadar diketahui, jelang Lebaran, Pelabuhan Tanjung Wangi selalu dipenuhi para pemudik dari Pulau Sapeken yang ingin kembali  ke kampung halamannya.

Hal ini disebabkan, kapal yang melayani rute tujuan Pulau Sapeken hanya ada di Pelabuhan Tanjung Wangi. ”Kalau pulang kampung saya selalu lewat Pelabuhan Tanjung Wangi setiap tahun,” ujar Muhammad Fauzi, 45, salah satu pemudik asal Pulau Raas yang merantau di Batam.

Sementara itu, untuk jadwal  mudik gratis menggunakan kapal menuju Pulau Sapeken akan dimulai sejak tanggal 29 Juni 2016 besok. Sesuai rencana, kapal yang berangkat awal untuk mudik gratis ke Pulau Sapeken ini adalah  KM Prima Nusantara I. Kapal ini memliki kapasitas 200  penumpang.

”Tiket gratis bisa segera dipesan di kantor KSOP Tanjung Wangi, Banyuwangi. Syarat hanya membawa kartu identitas saja. Sementara ini sudah ada 30 pemudik yang memesan tiket kapal  gratis ke Sapeken,” pungkas Humas KSOP Tanjung Wangi, Taufikur  Rohman. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :