Hari Pertama Puasa, Sejumlah Warung Pilih Tutup

0
1167
Warung makan tutup di kawasan Tukang Kayu, Banyuwangi.

BANYUWANGI – Hari pertama puasa, sejumlah warung di sekitar Jalan Raya Banyuwangi sebagian besar tutup kemarin siang (27/5). Dipantau dari kawasan Jalan Raya Muncar, Srono, sampai Banyuwangi kota, hanya ada sebagian kecil warung yang buka di hari pertama puasa kemarin.

Seperti yang terlihat warung yang berada di kawasan Tukang Kayu, Banyuwangi, terlihat tutup dan sepi. Selain itu, MUI telah mengimbau kepada pihak warung maupun restoran tentang tidak dibukanya warung pada siang hari di bulan suci Ramadan.

Loading...

Ketua MUl Banyuwangi, KH. Ahmad Yamin, mengungkapkan, agar umat beragama harus saling menghormati di bulan Ramadan, yakni bulan yang di sucikan oleh umat Islam, sebagai bulan yang penuh dengan barokah dan ampunan. Salah satu bentuk penghormatan dengan tidak membukanya warung di siang hari selama puasa Ramadan.

“Boleh berjulaan makanan ataupun minuman tapi sore hari menjelang buka puasa. Kalau siang hari, mungkin ada orang yang melayani orang yang tidak berpuasa, tapi kalau di daerah-daerah berpuasa sebaiknya ditutup,” terangnya.

Menurut warga Banyuwangi, sebagaian besar warung pinggir jalan memang sebagian memilih tutup di pagi dan siang bari karena menghormati bulan suci Ramadan. Tetapi, terkadang ada saja warung yang tidak tahu imbauan MUI Banyuwangi dan tetap saja buka warung.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2