Heboh Atraksi Barong

0
857

BANYUWANGI – Sebanyak enam jenis barong yang diikuti ratusan penari ditampilkan dalam Festival Barongan Nusantara Mingu (11/10), kemarin. Mengambil start dari depan Pemkab Banyuwangi, seluruh penampil barong menyuguhkan atraksi- atraksi histori barong di depan tamu undangan untuk kemudian melakukan kirab dan finish di Taman Blambangan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tampak hadir dalam Festival Barongan Nusantara ini. Jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan SKPD Pemkab Banyuwangi tampak hadir. Ketua Dewan Kesenian Blambangan (DKB), Samsudin Adlawi dan beberapa budayawan juga tampak hadir dalam Festival Barongan Nusantara yang baru pertama kali ini dilaksanakan.

Diawali dengan munculnya representasi singa putih bernama Barong Rontek Singa Ulung dari Kabupaten Bondowoso. Kemudian diikuti barong dari Banyuwangi, yakni Barong Kumbo. Kemunculan Barong Kumbe yang berukuran besar diikuti oleh Lucingan yang beratraksi layaknya seekor kucing yang bermain-main.

Di belakangnya ada Barong Bali yang penampilannya dii- ringi alat musik khas Bali dan diikuti sejumlah Leak. Setelah Barong Bali, giliran Barong Osing yang tampil. Barong asli Banyuwangi ini dinamakan Barong Prejeng.

Loading...

Barong Prejeng muncul bersama sekawanan burung dan pitak-pitikan. Barong asli masyarakat Osing ini memang berbeda, jika barong lainnya dimainkan oleh dua orang, untuk Barong Prejeng hanya dimainkan dengan satu orang saja.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2