Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Tak Mau Kecolongan Malaysia, Indonesia Usulkan “Reog Ponorogo” ke UNESCO

Kesenian Reog Ponorogo asal Indonesia akan diusulkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritagen/ICH) ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). (SHUTTERSTOCK/oki cahyo nugroho)

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut pemerintah Malaysia berencana mengusulkan kesenian reog sebagai budaya dari negara tersebut ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Maka dari itu, Menko PMK Muhadjir Effendy pun meminta pemerintah Kabupaten Ponorogo secepatnya mempersiapkan data yang diperlukan untuk mengusulkan kesenian reog ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“Untuk reog, “Negara Malaysia” rencananya mau ajukan juga, maka dari itu, kita harus lebih dulu. Karena, ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu 6 April 2022.

Untuk diketahui, kesenian “Reog Ponorogo” masuk nominasi tunggal Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritagen/ICH) yang akan diusulkan Indonesia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Laman: 1 2 3 4