Helm Bukan hanya Kewajiban Tapi Kebutuhan

0
336
Seorang bocah mendapat hadiah helm dari Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto.

BANYUWANGI – Kapolres Banyuwangi, AKBP Agus Yulianto bersama sejumlah anggota Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) kompak turun jalan sore kemarin (19/5). Mereka menggelar aksi simpatik bagi-bagi helm kepada para penumpang sepeda motor yang melintas di jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Aksi simpatik itu diikuti Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Robby Bulan dan sejumlah perwira TNI AL. Selain itu, Staf Ahli Bupati, Pudjo Hartanto, serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Edy Supriyono, juga ikut hadir dalam kegiatan yang berlangsung pukul 14.30 sampai sekitar pukul 15.30 tersebut.

Loading...

Agus mengatakan, aksi simpatik kemarin digeber dalam rangka sosialisasi Operasi Patuh Semeru 2017 yang digeber sejak 9 Mei sampai 22 Mei mendatang. “Operasi patuh sudah kami laksanakan. Setiap hari mengelar operasi lalu lintas di berbagai titik di Banyuwangi,” ujarnya.

Selain menyosialisasikan pelaksanaan Operasi Patuh, Agus juga mengingatkan para pengguna jalan, khususnya pengendara dan penumpang sepeda motor untuk menggunakan helm. Selain itu, surat- surat kendaraan dan kaca spion juga mutlak dilengkapi.

Menariknya, bukan hanya memberikan tindakan kepada para pengguna jalan, dalam operasi kali ini Agus bersama jajaran Forpimda membagikan helm secara gratis kepada pengendara dan penumpang sepeda motor yang tidak mengenakan peranti keselamatan berkendara tersebut.

Penumpang dewasa maupun anak-anak tak luput menjadi sasaran pembagian helm gratis tersebut.  Meskipun dibonceng, jika anak-anak tidak mengenakan helm, tetap berbahaya. Kami harapkan kesadaran orang tua bahwa keselamatan anak-anak harus diperhatikan.

Sekarang sudah banyakyang menjual helm anak-anak. Helm ini bukan hanya alat kelengkapan berkendara supaya tidak ditilang. “Lebih dari itu, helm berfungsi menjaga keselamatan,” paparnya.

Menurut Agus, selama ini masih banyak warga yang beranggapan pemakaian helm hanya sebuah kewajiban. “Kami berharap, masyarakat sadar bahwa helm itu kebutuhan untuk menjaga keselamatan mereka dan anak  mereka,” pungkasnya. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :