Hujan Setengah Jam Bikin Kalang Kabut

0
711


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Angin Kencang, Pohon Tumbang, Listrik Mati

BANYUWANGI – Hujan deras disertai angin kencang melanda kawasan kota Banyuwangi, kemarin. Hujan selama setengah jaM itu mengakibatkan genangan air di mana-mana. Belasan rumah warga terendam air. Pohon besar pun bertumbangan hingga menutup jalan nasional.

Ruas jalan Gajahmada, Kelurahan Mojopanggung juga tergenang air dari luberan saluran drainase. Ketinggian air di tengah jalan raya mencapai mata kaki orang dewasa.

Hujan disertai angin terjadi sekitar pukul 13.00. Pohon tumbang terjadi di ruas jalan Brawijaya, depan kantor Kelurahan Mojopanggung. Sebuah pohon dengan diameter 80 sentimeter tumbang ke tengah jalan raya.

Akibat peristiwa tersebut, akses jalan utama tersebut sempat macet total. Sebuah tiang telepon juga patah, dan bagian kabel menggelantung di tengah jalan. Beruntung, kejadian itu cepat diatasi oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan aparat kepolisian.

Relawan dari BPBD langsung melakukan evakuasi dengan lnelalctlkan pemotongan batang pohon yang roboh melintang ke tengah jalan raya tersebut menggunakan gergaji mesin.

Proses evakuasi pohon tumbang tersebut juga tidak mudah. Mengingat batang pohon yang roboh tersebut juga berukuran cukup besar dan menimpa sebuah kabel telepon. Dalam tempo sekitar satu jam, batang pohon berhasil dipotong dan dialihkan ke tepi jalan.

Staf kedaruratan dan logistik BPBD Nanang Hariyadi mengatakan, untuk mempercepat jalannya proses evakuasi batang pohon tumbang di Jalan Brawijaya tersebut, pihaknya mengerahkan tiga gergaji mesin sekaligus.

Menurut Nanang, hujan disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang ke tengah jalan. Tidak hanya di Jalan Brawijaya. Dari laporan yang diterima BPBD, pohon tumbang juga terjadi di Ialan Mawar, Kelurahan Penataban, Kecamatan Giri. “Kita melakukan penanganan di mas jalur utama terlebih dahulu,” ungkapnya.

Sementara itu, akibat pohon tumbang tersebut sempat terjadi kemacetan panjang di ruas Jalan Brawijaya tersebut. Maklum, arus lalu lintas dari arah Polres Banyuwangi (selatan) dan dari arah Kalipuro (utara).

Satlantas Polres Banyuwangi yang mendapat laporan langsung melakukan penutupan, dan pengalihan arus lalu lintas. Kaur Bin Ops Lantas Polres Banyuwangi Ipda Ardhi Bita Kumala mengatakan, agar tidak terjadi kemacetan, arus lalu lintas dari arah selatan dialihkan.

“Untuk sementara selama proses evakuasi, kendaraan dari arah selatan kami alihkan melewati Ialan KH Agus Salim hingga tembus ke Ialan Adi Sucipto. Sementara yang dari arah utara simpang empat Jalan Gajahmada dialihkan melintasi jalan Jaksa Agung Suprapto,” ujarnya.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, hujan yang turun mulai pukul 13.00. Intensitas hujan cukup deras dalam tempo waktu sekitar 30 menit. Hujan mengguyur sejumlah kawasan dengan disertai angin kencang. Sejumlah ruas jalan raya tergenang air. Seperti terlihat di ruas Jalan Gajahmada, Jalan Brawijaya, dan Jalan Yos Sudarso.

Tidak hanya itu, akibat hujan deras, kawasan permukiman penduduk di Kelurahan Kepatihan juga terendam banjir. Belum diketahui persis jumlah rumah yang terendam luapan air tersebut.

Klop sudah penderitaan yang dialami warga kota Banyuwangi, kemarin. Selain dihajar lesus dan banjir, jaringan listrik di sebagian wilayah juga padam. Bahkan, trafo besar di Jalan Mataram, depan kantor KPU ikut terbakar.

Nyala api di gardu listrik tersebut sempat menjadi tontonan warga. Padamnya listrik mengakibatkan traffic light mati. Tak pelak, arus lalu lintas di Simpang Lima Banyuwangi tampak semrawut.

Kepala BPBD Banyuwangi Fajar Swasana mengatakan, hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan jalanan tergenang air hujan. “Hingga sore ini (kemarin sore) belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan,” ujarnya.

Anggota BPBD dan relawan langsung bergerak melakukan evakuasi pohon tumbang dan melakukan koordinasi dengan kepolisian, Telkom, dan PLN. Pasalnya, pohon yang roboh menghantam kabel PLN dan Telkom. “Alhamdulillah, semua sudah bisa tertangani dan teratasi dengan cepat. Arus lalu lintas juga sudah kembali normal,” tandasnya.

 

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :