Jalan Kaki 3 Km dengan Kostum Berbobot 17 Kg

0
519
BESAR: Salah satu peserta BEC-2 yang berkostum berat.
BESAR: Salah satu peserta BEC-2 yang berkostum berat.

Para peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) dituntut tampil maksimal. Untuk menyuguhkan tampilan spektakuler, peserta dituntut berlatih keras dan mampu mendesain kostum dengan inovatif.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PERSIAPAN peserta BEC dimulai sejak bulan Agustus 2012. Sejak itu, mereka harus rela waktu dan tenaganya terkuras untuk mempersiapkan diri guna show di depan ribuan penonton Minggu lalu (18/11). Persiapan yang dilakukan peserta tidak hanya latihan dan mendesain kostum, mereka juga melakukan latihan fisik dan mental agar tidak nervous saat tampil di atas catwalk sepanjang tiga kilometer.

Seperti persiapan yang dilakukan salah seorang peserta, Tamara Priviantisa. Siswa SMAN 1 Giri tersebut setiap hari meluangkan waktu lima jam untuk latihan fisik. Usai salat Subuh hingga pukul 05.30, dia melakukan joging. Pada hari-hari bisa, cewek kelahiran 27 Oktober 1997 itu tidak terbiasa joging, tapi sejak dua bulan terakhir dia rajin joging Tidak hanya joging, futsal juga dia lakukan demi menjaga kesehatan badan agar fit saat tampil.

Sebab, kostum yang digunakan saat tam pil beratnya mencapai 15 hingga 17 ki logram (Kg). Beban seberat itu harus terus mereka bawa di catwalk sepanjang tiga kilometer mulai depan SDN Kepatihan hingga kantor bupati Banyuwangi. Kostum seberat 15 Kg itu mereka buat dalam waktu sekitar 1,5 bulan. Rentang waktu 1,5 bulan, mereka merancang, mendesain, dan membuat kostum sendiri berdasar konsep yang diberi panitia.

Loading...

Tidak mudah bagi mereka membuat kostum yang memadukan konsep budaya dan fashion. Walau tergolong pekerjaan berat, tapi mereka berhasil melampaui tahap yang sangat menentukan. Awalnya, rata-rata mereka tidak mengerti cara mendesain dan merancang kostum. Namun, setelah di gembleng selama setengah bulan, mereka akhirnya bisa merancang kostum sendiri Tidak hanya itu, saat mendaftar menjadi pe serta BEC, mereka juga tidak piawai merias dan melakukan koreografi.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2