Jalan Utama Wisata Pesanggaran Rusak

0
127

PESANGGARAN-Jalan raya menuju lokasi wisata andalan, Pantai Pulau Merah di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, sudah tiga bulan terakhir ini rusak berat. Tapi hingga kini, belum terlihat akan ada perbaikan. Pada musim liburan sekolah, Natal,  dan tahun baru kali ini, Pantai Pulau  Merah paling banyak diminati oleh pengunjung.

Selain itu, di lokasi itu juga banyak destinasi wisata yang mampu menyedot pengunjung dari luar kota, seperti Pantai Mustika dan Pantai Wedi Ireng. “lokasi wisatanya bagus, jalannya yang rusak,” terang Hadi Jupri, salah  satu pengunjung dari Tuban.

Jalan menuju ke lokasi wisata andalan Kota Gandrung, itu memang rusak parah. Tidak tanggung-tanggung, kerusakan  dengan penuh lubang dan bergelombang  itu panjangnya sekitar enam kilometer,  itu mulai dari selatan Mapolsek Pesanggaran hingga Pantai Pulau Merah.

Kondisi jalan yang rusak itu, akan semakin parah saat turun hujan. Selain menjadi langganan banjir, jalan yang menjadi satu-satunya jalur menuju lokasi  wisata Pantai Pulau Merah, itu akan berlumpur. Dan itu, akan menganggu arus lalu lintas para wisatawan.

Camat Pesanggaran, Didik Joko Suhono, mengatakan kerusakan jalan menuju ke lokasi wisata Pulau merah itu, karena banyaknya kendaraan berat yang melintas, terutama dump truck yang mengangkut material untuk proyek pelabuhan di Pancer, Desa Sumberagung.

“Rusak karena ada proyek pelabuhan di Pancer,” dalihnya. Camat mengaku sudah berkoordinasi dengan penanggung jawab proyek Pelabuhan Pancer. Pelaksana proyek,  jelas dia, telah berjanji akan melakukan perbaikan pada kerusakan jalan tersebut.

“Saya sudah berkomunikasi dengan pihak proyek, akan diperbaiki,” katanya.  Saat ini, terang dia, jalur di titik tikungan Pulau Merah menuju Pelabuhan Pancer sudah ada perbaikan berupa perataan. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan pengaspalan.

“Saat ini yang menuju Pancer sudah diratakan, janjinya akan segera diaspal,” jelasnya.  Untuk jalur wisata ke Pulau Merah, terang dia, sebenarnya sudah ada jalur alternatif dari jalur Templek di Dusun Silirbaru, Desa Sumberagung. “Cuma jalannya belum diaspal semua, jadi kendaraan banyak yang tidak melintas,” cetusnya.

Untuk perbaikan jalan yang rusak, camat menyampaikan dari hasil koordinasi dengan pelaksana proyek akan dilaksanakan setelah proses pembangunan  dermaga selesai. “Pembangunan pelabuhan sudah selesai, jalan akan diperbaiki,” ungkapnya.(radar)

Loading...