Berita Terkini Seputar Banyuwangi

5 Pantai di Banyuwangi yang Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga

Pantai Teluk Ijo (instagram/cleopatravel)

Idntimes.com – Banyuwangi terletak di paling timur Pulau Jawa. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata dan juga makanannya yang khas. Salah satu wisata paling terkenal di Banyuwangi adalah pantainya.

Beragam pantai indah bisa kamu temukan di Banyuwangi. Bahkan, pantai kerap dijadikan lokasi berlibur bareng keluarga untuk melepas penat. Kelima pantai di Banyuwangi ini jangan sampai kamu lewatkan saat berlibur ke sana, ya!

1. Pantai Teluk Ijo

Pantai Teluk Ijo atau Green Bay terletak di Desa Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Terlihat pasti berwarna putih dan air laut yang begitu jernih membuat siapa saja takjub.

Asal-usul nama Teluk Ijo muncul karena air laut yang jika dilihat dari kejauhan akan berwarna kehijauan. Warna itu diakibatkan dari dasar laut dangkal dan alga yang memantulkan warna hijau. Biaya masuk ke tempat ini gratis, lho!

2. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah atau Red Island terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pulau Merah sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga. View yang diberikan pantai ini sangat memanjakan para wisatawan yang datang.

Pantai ini dijuluki Pulau Merah karena adanya bukit hijau kecil menjorok ke laut yang diselimuti tanah berwarna merah di bibir pantai. Bukit tersebut dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Pantai ini juga sangat digemari para turis lokal dan mancanegara untuk berselancar karena ombaknya yang menantang.

3. Pantai Mustika

Pantai Mustika berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Para wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai ini karena hamparan pasir emasnya yang luas dan bibir pantai berbentuk setengah lingkaran. 

Kawasan sekitar pantai cukup rindang karena ditumbuhi ratusan pohon kelapa. Hamparan pasir yang luas cocok untuk anak-anak bermain pasir ataupun berlarian. Bersantai dengan menikmati kelapa muda dan indahnya pemandangan pantai bakal menghilangkan lelah.

4. Pantai Muara Mbaduk

Pantai Muara Mbaduk terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini berada di muara Sungai Buyuk yang berbatasan dengan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Muara Mbaduk tidak terlalu populer seperti pantai lainnya. Baru beberapa bulan ini viral dan dikenali oleh para wisatawan. Berkat tempat yang strategis dan pemandangan yang sangat indah, wisatawan dapat menikmati suasana pantai, sungai, perbukitan, sunrise, dan sunset sekaligus.

5. Pantai Boom Marina

Pantai ini menjadi spot untuk berkumpul para generasi milenial di Banyuwangi. Tarif masuk ke pantai ini seharga Rp5.000. Dengan harga itu, kamu akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah dari tempat ini.

Pantai Boom Marina berpasir hitam dengan gradasi abu-abu yang berkilau. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga kamu dan keluarga dapat bermain air di sini. Terdapat pemandangan yang sangat indah berupa Pulau Bali dan Selat Bali yang dapat kamu lihat dari bibir pantai Pantai Boom.

Banyuwangi memang surganya pencinta wisata pantai. Kamu bisa menemukan banyak pantai indah untuk dikunjungi bersama keluarga. Masing-masing memiliki keindahannya yang menawan. Pantai mana dulu yang bakal kamu kunjungi?

Writer : Andini Leila Anabila

Sumber : https://www.idntimes.com/travel/destination/andini-leila-anabila/pantai-di-banyuwangi-dikunjungi-bareng-keluarga-c1c2/5