10 Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Patut Dikunjungi Saat Libur Lebaran

0
754
Foto: masdonie

BANYUWANGI – Libur Lebaran ialah waktu liburan terpanjang dalam kalender Indonesia yang pasti akan menyenangkan jika dihabiskan bersama dengan orang terkasih seperti keluarga.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nah, apabila mudik ke Banyuwangi atau sekitarnya, ada baiknya kamu menyambangi 10 destinasi keren di Banyuwangi sehingga #PesonaMudik2019 makin bermakna.

Menteri Pariwisata (Mempar) Arief Yahya mengatakan, Banyuwangi selalu siap dengan atraksi dan destinasinya. Untuk atraksi, Banyuwangi tidak perlu diragukan. Hampir tiap pekan ada kegiatan di sini. Begitu juga dengan destinasinya, Banyuwangi memiliki sejumlah wisata alam, termasuk pantai-pantai yang bakal membuat suasana mudik jauh dari kata membosankan!

“Banyuwangi menjadi destinasi wisata andalan baru di Indonesia. Destinasi untuk traveling dan selfie-selfie. Ada wisata budaya dan wisata alam. Semua ada di Banyuwangi. Wisatawan yang datang bukan hanya skala nasional, tapi banyak juga turis mancanegara,” kata Mempar Arief Yahya seperti dilansir dari Okezonecom, Sabtu (11/5/2019).

Berikut 10 destinasi unggulan di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi saat kamu mudik libur Lebaran 2019.

1.Kawah Ijen

Kawah ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan di atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah seluas 20 kilometer yang dikelilingi dinding kaldera setinggi 300-500 meter ini akan membuat Anda kagum.

Daya tarik utama dari tempat wisata yang secara administratif terletak di Banyuwangi dan Bondowoso ini adalah fenomena api biru atau blue fire. Api yang terletak di bawah kawah ini berwarna biru dan terlihat semakin cantik saat kondisi sekitarnya gelap.

2.Pantai Pulau Merah

Nama Pantai Pulau Merah berasal dari sebuah bukit tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Pengunjung bisa berjalan mendekat ke bukit saat air sedang surut. Bukit ini tertutup pohon dan semak hijau dan hanya menyajikan pemandangan indah saat sore hari.

Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Pesanggaran ini memiliki sebuah pura Hindu, yakni Pura Tawang Alun. Pura ini digunakan sebagai lokasi ritual pada saat-saat tertentu oleh umat Hindu yang tinggal di sekitar Pantai Pulau Merah.

Beragam kegiatan bisa Anda lakukan di sini seperti berselancar dan hunting foto. Untuk kegiatan berselancar, pantai sepanjang 3 kilometer ini memiliki ombak yang ideal bagi peselancar pemula.

3.Pantai Sukamade

Inilah surganya penyu bertelur di Banyuwangi. Pantai Sukamade merupakan habitat tempat penyu-penyu raksasa untuk bertelur.

Di kawasan ini terdapat juga penetasan semi alami untuk perkembangbiakan penyu oleh petugas. Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung penyu bertelur, melihat penangkaran penyu, dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik ke laut. Menarik sekali.

4.De’Djawatan Benculuk

De’Djawatan Benculuk adalah bangunan tua yang dulunya digunakan untuk mengelola transportasi kereta api. Saat ini, daerah tersebut beralih fungsi sebagai destinasi wisata. Daya tarik utama destinasi ini adalah deretan pohon trembesi yang hits abis.

Saat berkunjung ke De’Djawatan Benculuk, anda akan berasa ada di negeri dongeng. Dijamin keren.

5.Pantai Teluk Hijau

Di Teluk Hijau, Anda akan merasakan udara segar pantai yang bercampur dengan udara hutan tropis Taman Nasional Meru Betiri. Dari Kota Banyuwangi, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. Perjalanan ke Teluk Hijau terbilang cukup memerlukan tenaga fisik, namun Anda akan menyaksikan panorama laut yang indah.

6.Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo disebut-sebut sebagai tanah tertua di Pulau Jawa. Secara administrasi, lokasinya berada di wilayah Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Sebagai kawasan Geopark Nasional, pengunjung bisa menikmati ratusan jenis flora dan fauna.

Saat memasuki pintu gerbang, wisatawan akan melihat sebuah candi Hindu bernama Situs Kawitan. Selanjutnya, wisatawan akan memasuki kawasan Sadengan. Yaitu sebuah padang savana yang luas. Di sana terdapat rusa, banteng Jawa, dan hewan liar lainnya. Jika beruntung, Anda juga akan melihat burung merak.

7.Air Terjun Kalibendo

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 10 meter. Secara administratif berada di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Atau tepatnya berada di kaki Gunung Ijen dan masuk dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo. Di sana juga terdapat perkebunan kopi, karet dan cengkeh.

8.Pantai Boom

Pantai ini dulunya adalah pelabuhan yang kerap diramaikan oleh para pedagang dan nelayan. Seiring berjalannya waktu, kini pantai tersebut berubah menjadi salah satu destinasi wisata di Banyuwangi. Pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing, bermain air, atau sekadar berjalan-jalan di pinggir pantai. Keindahan Pantai Boom juga kerap dimanfaatkan untuk lokasi berbagai event yang diadakan Pemkot Banyuwangi.

9.Pantai Wedi Ireng

Pantai ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Letaknya agak tersembunyi, namun sudah cukup popular bagi warga setempat. Jika ke sini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan teluk berpasir putih serta ombak yang landai. Suasananya sangat tenang karena berada di antara perbukitan hijau yang menyejukkan mata.

10.Pantai Watudodol

Lokasi pantai ini ditandai dengan bongkahan batu besar di tengah jalan dan Patung Gandrung atau penari khas Banyuwangi. Pantai Watu Dodol berada di poros Banyuwangi-Situbondo dan hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Ketapang.

Hal ini membuat Anda dapat melihat kapal feri lalu lalang di antara Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Banyuwangi. Selain itu, Anda bisa menyaksikan keindahan tempat wisata ini dari bukit yang berada di dekat pantai.

Loading...

There were no listings found.