Berita Terkini Seputar Banyuwangi

10 Wisata Pantai Banyuwangi yang Gak Kalah Indah Dibanding Bali

instagram.com/ekoyulist

IDNTIMES.COM – Dari tahun ke tahun, Bali selalu menjadi destinasi wisata Indonesia yang paling favorit. Sayangnya, hal ini justru bikin Bali semakin padat dengan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal ini menjadikan liburan di Bali tak lagi jadi menyenangkan, tapi justru melelahkan. Cari alternatif selain liburan ke Bali?

Nah, kamu bisa mencoba bergeser untuk berlibur ke Banyuwangi. Kawasan ini punya banyak pantai yang gak kalah indahnya dengan Bali, lho!

Penasaran di mana aja sih pantai indah Banyuwangi? Yuk, lihat di bawah ini!

1. Pantai Bama

Ilustrasi wisata Banyuwangi. instagram.com/fatimkimm

Salah satu destinasi wisata menarik yang bisa kamu singgahi saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran, yaitu Pantai Bama. Hamparan pasir putih yang dipadukan dengan birunya air laut, seolah jadi kombinasi sempurna.

Uniknya, terdapat ayunan yang bisa kamu naiki, sembari bersantai menikmati suasana pantai di sini.

Lokasi: Area Taman Nasional Baluran, Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur

Jam operasional: 08.00-16.00 WIB

Harga: Rp15-17 ribu (termasuk tiket masuk ke Taman Nasional Baluran)

2. Pantai Pulau Merah

Ilustrasi wisata Banyuwangi. instagram.com/cha.fahma

Keunikan yang dimiliki pantai ini, yaitu adanya bukit pasir di tengah lautan. Kamu bisa mendekati bukit berwarna kemerahan ini, kalau air laut mulai surut.

Gak cuma itu, kamu juga bisa mencoba snorkeling, berselancar, atau menikmati makanan khas di sekitar tempat ini.

Lokasi: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp8.000

3. Pantai Lampon Pesanggaran

instagram.com/jsngfzl_

Pepohonan kelapa akan menyambut kamu sesampainya di pantai ini. Berbeda dengan pantai lainnya, hamparan pasirnya berwarna hitam. Saat kamu mendekati tepi pantai, disarankan buat berhati-hati, karena banyak terumbu karang yang bisa bikin terluka.

Lokasi: Desa Lampon, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

4. Pantai Mustika

instagram.com/aan_adventure

Biasanya, pantai ini dimanfaatkan untuk mencari ikan, karena ombaknya cukup tenang. Tak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Gak heran kalau suasananya masih sangat tenang dan tenteram, tidak seperti Pantai Pulau Merah yang padat wisatawan.

Lokasi: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

5. Pantai Wedi Ireng

instagram.com/putrisoniiaa

Untuk mencapai pantai ini, diperlukan perjuangan yang cukup berat. Kalau kamu tak ingin melewati medan yang terlalu berat, bisa menggunakan jalur laut dengan perahu seharga Rp40 ribu.

Akibat sulitnya medan, gak heran sedikit orang yang berkunjung ke tempat ini, sehingga bikin suasananya lebih nyaman dan tenteram.

Lokasi: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam
Harga: gratis

6. Pantai Sukamade

instagram.com/hebdomania

Sukamede dikenal sebagai tempat penyu bertelur. Di sekitar pantai ini, kamu bisa menemukan penangkaran penyu yang membantu pelestariannya. Kamu juga bisa membantu melepaskan penyu ke bibir pantai dengan bantuan dari petugas penangkaran, lho!

Lokasi: Dusun Sukamande, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp10 ribu

7. Pantai Teluk Hijau

instagram.com/eastjava.supertrip

Jernihnya air laut di Teluk Hijau menjadikan tempat ini sebagai destinasi snorkeling yang menyenangkan. Kamu bisa melihat keindahan bawah laut yang sangat memukau, mulai dari ikan, hingga terumbu karang.

Gak suka snorkeling? Tak masalah, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar tempat ini.

Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 07.00-16.30 WIB

Harga: gratis

8. Pantai Boom

instagram.com/arumdwi_indahsari

Pantai Boom sangat ramai pengunjung, karena lokasinya berada di tengah kota. Banyak spot foto menarik di sini, seperti jembatan, hingga bangunan zaman dulu yang masih berdiri.

Mengejar matahari terbenam? Tempat yang satu ini memang paling cocok buat hunting sunset.

Lokasi: Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

9. Pantai Syariah

instagram.com/yudha_gzntr

Nama “Syariah” muncul, karena Banyuwangi ingin mengenalkan wisata halal. Mulai dari adanya pemisahan area antara perempuan dan laki-laki, makanan halal, dan lain-lain. Di tepi pantai, disediakan payung dan bean bag warna-warni buat bersantai.

Lokasi: Desa Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

10. Pantai Cemara

instagram.com/allebob

Sesuai namanya, pantai ini punya banyak pepohonan cemara untuk berteduh. Tak hanya digunakan untuk berteduh, melainkan juga buat hunting foto estetik. Cocok banget buat kamu yang sedang mencari pantai dengan udara sejuk, nih!

Lokasi: Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp2.000

Nah, ternyata banyak juga, kan tempat wisata selain Bali? Gimana, yakin masih mau liburan akhir tahun ke Bali?

Prila Arofani

Sumber : https://www.idntimes.com/travel/destination/prila-arofani/rekomendasi-wisata-pantai-banyuwangi/10

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE