Jazz Patrol Siap Go Malaysia

0
305

penonton-ikut-berjoget-bersama-banyuwangi-jazz-patrol-di-depan-kantor-kelurahan-temenggungan-kecamatan-banyuwangi-sabtu-malam-lalu


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Banyuwangi Jazz Patrol (BJP) kembali menggelar konsernya Sabtu malam lalu (1/10). Dalam kesempatan malam itu, personel BJP memohon doa restu dan ngamen kepada para tamu yang hadir di Kampong Wisata  Temenggungan (Kawitan).

Aksi penggalangan dana itu dilakukan, karena BJP segera untuk persiapan keberangkatan mereka ke acara Cellebration World Music Festival di Kuala Lumpur, Malaysia, 27 November 2016 mendatang. ”Mohon doanya untuk masyarakat Banyuwangi, BJP datang ke Malaysia juga untuk menegasakan bahwa musik tradisional kita mampu disajikan kepada semua kalangan di seluruh dunia,” ujar Ketua Kawitan, Eko Rastiko.

Sementara itu, pentas malam itu dihelat cukup rancak dan menarik. Kali ini, BJP hadir dalam kemasan paket wisata seni budaya.  Mereka menyuguhkan sebuah  lagu-lagu hits Banyuwangi lawas  ntuk para tamu yang sengaja  datang ke Temenggungan untuk  menyaksikan BJP.

Belasan tamu yang mengambil paket budaya wisata ini berasal dari komunitas alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Ilmu Tanah angkatan 1982. Salah satu tokohnya adalah Siswo Suyanto, putra Banyuwangi asli, pengusaha sukses yang kini tinggal di Jakarta.

Selain itu, beberapa alumnus IPB tersebut adalah warga Banyuwangi, yang kini tinggal di luar Banyuwangi. Selain itu, terdapat empat orang tamu lain yang hadir, dari staf De-  puti Kementerian Pariwisata RI, yang kebetulan sedang kunjungan tugas ke Banyuwangi.

Di Kampong Wisata Banyuwangi, mereka ingin mengetahui seperti apa paket wisata seni budaya yang dikembangkan oleh warga Kelurahan  Temenggungan.  Sementara itu, acara yang dimulai  sekitar pukul 21.00 itu diawali  dengan Lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama oleh para tamu,   para seniman, dan warga kampung yang hadir.

Setiap kali ada acara apapun di kampung ini, memang dibiasakan selalu lagu Indonesia Raya dikumandangkan bersama sebagai pembuka. Setelah itu, kesenian Barong Patrol oleh tim kesenian anak-anak Banyuwangi Putra Junior kembali dimainkan   untuk “memanaskan” suasana.

Berikutnya, BJP memulai pentasnya. Kali ini mereka tampil dengan formasi aslinya yakni Epeng  Sumanjaya (vokal, abasa), Eko Rastiko (angklung), Hendra Tama  Syailendra (cello bass), Alex Richard   Testiono (gitar), Mbah Yono (seruling paralon), Tedjo (harmonika),  Kuswarik (kluncing), Andi AR-Freddy-Ferry (katir patrol).

Pada pentas yang berlangsung selama lebih dari satu jam ini, BJP menampilkan terutama lagu-lagu lawas Banyuwangi. Lagu Tetak-Tetak (ciptaan Fatrah Abal, tahun 1972), lagu Basanan (lagu: BS Noerdian, lirik:   Andang CY), lagu Nyebyar Jolo (ciptaan Mahawan, tahun 1970-an), lagu Bang Cilang Cilung (lirik: Andang CY, lagu: BS Noerdian), lagu Luk-luk Lumbu (lirik: Andang CY, lagu: BS Noerdian, tahun 70-an), lagu Cakrak Ungkal (lirik: Andang CY, lagu: Machfud  Hariyanto).

lagu Ya Ope (ciptaan:  BS Noerdian, tahun 1973), lagu Impen-impenan (ciptaan An- dif AP, tahun 1986), lagu Kupu (ciptaan Sinar Lintang), dan lagu  Layangan (ciptaan Yon’s DD dan  Catur Arum) Ada satu lagu di luar lagu Banyuwangi, yaitu lagu Kampuang Nan Jauh di Mato.

Lagu daerah Sumatera Barat ini dimainkan karena ada salah satu tamu alumnus IPB ini yang berasal dari Padang. Lagu ini tentunya dimainkan dengan aransemen BJP, tentunya  dengan nada-nada pentatonik  Banyuwangi, dan ketukan irama  musik patrol.

Sepanjang acara, para tamu dan warga turut serta bergoyang, menari, serta menyanyi. Warga kampung mulai anak-anak, dewasa, dan orang tua, berbaur bersama para tamu dan bergembira   bersama. Acara berakhir pada pukul 22.30 dengan sesi foto bersama, dan belanja oleh-oleh yang disediakan oleh warga Kampong  Wisata Temenggungan.

”Anak-anak Temenggungan juga ikut  menari bersama, mereka manari  sambil menggunakan selendang gandrung,” kata salah satu pentolan BJP, Bactiar Janan.(radar)

Loading...

Baca Juga :