Jelang Lebaran, PT KAI Intensifkan Perawatan Gerbong dan Lokomotif

0
298
Foto: arahjatim

BANYUWANGI – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IX Jember terus melakukan sejumlah persiapan untuk menunjang kenyamanan para pemudik selama berada di perjalanan, Minggu (26/5/2019).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Menjelang musim angkutan lebaran tahun ini, depo kereta Banyuwangi, Jawa Timur, terus mengintesifkan perawatan sejumlah gerbong dan lokomotif yang ada.

Dilansir dari Arahjatimcom, sebanyak 85 gerbong dan 10 lokomotif disiagakan untuk melayani para pemudik yang memilih kereta api sebagai sarana transportasinya.

Pengecekan rutin di antaranya dilakukan pada sistem pengereman, kaca penumpang, alat tolak tarik dan selang angin/air brake. Tak hanya itu, klakson/suling lokomotif, wiper, speedometer/ lampu sorot, hingga radio lokomotif juga di cek kondisinya.

Sementara untuk perawatan, Daop Kereta Banyuwangi rutin melakukan pengecatan ulang pada bagian kereta yang sudah kusam, hingga perawatan AC dan tempat duduk penumpang.

”Kita sudah siap menghadapi mudik lebaran. Pihak Dirjen Perkeretaapian juga sudah melakukan cek gerbong dan 85 gerbong siap beroperasi. Hal ini ditandai dengan stiker warna kuning ditempel di setiap gerbong yang layak jalan. Perawatan terus kita lakukan rutin, mulai perawatan harian, bulanan hinga tahunan. Ini demi kenyamanan pemudik nanti,” kata Kepala Ruas Rencana dan Administrasi Depo Banyuwangi, Tri Umrowanto.

Dari sepuluh lokomotif yang disiagakan, delapan akan dioperasikan untuk melayani beberapa keberangkatan.

Seperti, kereta Mutiara Timur relasi Banyuwangi–Surabaya, kereta Pandanwangi relasi Banyuwangi–Jember, Kereta Sritanjung relasi Banyuwangi–Jogjakarta, kereta Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang, kereta Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya hingga kereta barang dan semen. Sedang dua lokomotif lainnya akan disiagakan menjadi cadangan.

”Menghadapi mudik lebaran ini kita juga sudah siapkan suku-cadang dari lokomotif mengantisipasi apabila terjadi trouble di kereta bisa segera kita ganti dengan baru,” kata Kepala Depo Traksi Banyuwangi, Hariyono.

Tidak hanya melakukan perawatan lokomotif dan gerbong kereta api saja. Untuk melayani para pemudik, PT KAI Daop IX Jember juga berencana membuka posko lebaran di beberapa stasiun di Banyuwangi.

Sesuai jadwal, posko lebaran akan dibuka selama 22 hari terhitung sejak tanggal 26 Mei sampai 16 Juni 2019 mendatang.

Loading...

Kata kunci yang digunakan :