Karya Mpu Joko Suro yang Dibuat dengan Pijatan Jempol

0
9639

keris-suro-karya-mpu-joko-suro-yang-dibuat-dengan-pijatan-jempol


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PENDAPA kantor Kecamatan Rogojampi terlihat ada yang berbeda kemarin (20/10). Sejumlah pegawai dan warga terlihat serius memperhatikan sejumlah keris yang berjejer di meja. Dari bentuknya, keris itu sepertinya sudah berumur tua.

Puluhan keris di pendapa itu dibawa seorang kolektor bernama KRT. H. Ilham Trihadinagoroasal Desa Paspan, Kecamatan Glagah. Kebetulan,  staf pengajar di SMPN 2 Rogojampi itu sedang menggelar pameran selama tiga hari. Dari puluhan benda pusaka yang dipamerkan   itu, salah satu di antaranya pusaka yang sudah berumur tua.

Pusaka itu berupa keris yang  dibuat Mpu Joko Suro yang cukup termasyhur di Kerajaan Blambangan pada abad ke-16. Benda pusaka yang diberi nama keris suro itu hingga kini masih terawat di tangan KRT. H. Ilham Trihadinagoro. “Keris ini diperikirakan dibuat pada abad 16, dan keris tertua di Blambangan,” kata KRT. H. Ilham Trihadinagoro.

Sejarah pembuatan keris suro itu tak lepas dari sejarah pencarian keris sengkelat karya Mpu Supo Madrangki. Saat itu Mpu Supo Madrangi  merupakan seorang mpu terpandai pada zamannya. Mpu Supo Madrangi itu, terang dia, suami Dewi Rasawulan, adik Sunan Kalijaga.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last

Baca :
Misterius, Remaja Asal Kabat Ini Babak Belur Dihajar Makhluk Gaib