Kerugian Lesus Hampir Rp 1 M

0
313

kerugianlesusuBPBD Belum Bisa Memastikan Bantuan Korban Puting Beliung

GAMBIRAN – Harapan para korban puting beliung di Desa Yosomulyo, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, dan Desa/Kecamatan Cluring, untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah tampaknya masih harus bersabar. Hingga kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi belum berani memastikan warga yang rumahnya rusak akan mendapatkan bantuan. “Kita akan mengupayakan untuk mendapatkan bantuan,” cetus Ketua Pelaksana BPBD Banyuwangi Kusiyadi.

Pihaknya masih terus mendata korban puting beliung alias lesus, termasuk angka kerugiannya. Sampai saat ini, jumlah kerugian ternyata masih terus bertambah. “Warga yang melaporkan kerugian masih ada. Ada genting yang melorot sedikit saja dilaporkan,” imbuh Kusiyadi. Dari data yang ada, jelas dia, jumlah kerugian akibat bencana alam putting beliung yang terjadi pada Rabu (29/1) lalu itu hampir menembus angka Rp 1 miliar, tepatnya Rp 901 juta.

Angka ini, dimungkinkan masih terus bertambah. “Angka kerugian terus bertambah,” sebutnya. Kusiyadi mengaku kalau BPBD tidak ada anggaran untuk memberi bantuan berupa dana. Meski demikian, pihaknya akan berupaya keras untuk mencairkan dana dari APBD 2014 melalui pos tidak terduga. “Kita bisa ambil dari pos tidak terduga,” ujarnya.

Loading...

Selain dari dana tidak terduga di APBD 2014 itu, masih kata dia, untuk bantuan ini juga akan diupayakan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pengajuan untuk bantuan, akan segera kita kirim dalam waktu dekat. “Kita terus melakukan kordinasi dengan BNPB,” ungkapnya. Meski belum jelas bantuan dari APBD dan BNPB, Kusiyadi menyebut kalau sampai saat ini sudah banyak mendistribusikan bantuannya, terutama untuk kebutuhan masyarakat. “Kami terus menggalang bantuan dari para donatur,” katanya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2