KPU Cek KTA Door to Door

0
485

BANYUWANGI – Diam-diam tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi sudah blusukan ke seantero Banyuwangi. Langkah itu mereka lakukan untuk mengecek warga yang namanya terdaftar dalam kartu tanda anggota (KTA) partai politik (parpol), seperti yang sudah diserahkan sejumlah parpol saat mendaftar menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu 2014) kepada KPU Banyuwangi beberapa waktu yang lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kali ini, tim KPU datang langsung ke rumah warga yang namanya tercantum dalam KTA parpol, untuk mengecek kebenaran apakah alamatnya benarbenar sesuai yang tertera di KTA. “Tim KPU bergerak di lima daerah pemilihan (dapil) untuk melakukan verifikasi faktual anggota parpol,” ujar Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin, kemarin (8/11).

Loading...

Menurut Syamsul, tim yang dibentuk KPU tersebut melakukan verifikasi door to door ke alamat anggota partai yang tercantum dalam KTA. “Anggota partai yang dijadikan objek verifikasi minimal sepuluh persen dari total KTA yang sudah diserahkan kepada KPU,” kata dia. Dijelaskan, pada tahap awal KPU mengambil secara acak KTA yang diserahkan masing-masing parpol kepada KPU dan langsung dicek kebenarannya di lapangan.

Jika saat didatangi di alamat yang tercantum di KTA orangnya ternyata tidak ada, KPU memiliki kewajiban mempertanyakan ke parpol. Tahap selanjutnya, KPU meminta parpol menghadirkan anggotanya tersebut di kantor KPU,” paparnya. Sekadar diketahui, masing-masing tim yang bergerak di lima dapil tersebut terdiri dari enam orang. “Verifikasi faktual akan kami laksanakan hingga 24 November 2012 mendatang,” pungkas Syamsul. (radar)