MTs Negeri Sambirejo Rintis Kelas Mumtaazah

0
1444
KELAS MUMTAAZAH: Para siswa Kelas Excellent praktik berbahasa Inggris dengan pembimbing dari Amerika Serikat.

BANGOREJO-Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sambirejo,Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, membuat terobosan baru. Pada tahun ajaran 2011-2012, sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), itu akan membuka program Rintisan Kelas Mumtaazah atau Excellent.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Langkah itu ditempuh, untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Karena dalam sudut pandang tertentu, sekolah di bawah naungan Kemenag itu dianggap sebagai lembaga pendidikan ‘nomor dua’ atau second choice.

Ketua Panitia Rintisan Kelas Excellent, MTs Negeri Sambirejo, Drs. Imam Syafi’i, MPdI menuturkan, program itu memberi peluang pada peserta didik yang berprestasi untuk lebih otonom dalam mengembangkan dan mengoperasionalisasikan pembelajaran di madrasah sesuai potensi yang dimiliki. Dengan demikian, setiap sekolah akan memiliki kompetensi dasar, yang minimal sama, terstandar secara nasional.

Namun dalam pelaksanaannya, peserta didik di kelas mumtaazah akan memiliki kelebihan dengan diberi pelajaran tambahan di samping fasilitas teknologi informasi. Pengembangan kurikukulum MTs Negeri Sambirejo, dengan program
kelas mumtaazah itu bertujuan, untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional, berpikir, dan berusaha mengubah paradigma pembelajaran lama ke paradigma baru.

“Yaitu paradigma yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran. Siswa sebagai individu unik yang harus dibelajarkan,” jelasnya. Dengan demikian, kurikulum madrasah yang terimplementasi dalam pembelajaran yang berlangsung di kelas, harus benar-benar multi cara, arah, dan yang pasti tidak uniform.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last