Muliakan Lansia Miskin, Banyuwangi Luncurkan Program “Rantang Kasih”

0
1308
Bupati Abdullah Azwar Anas Mengantarkan makanan untuk lansia
Bupati Abdullah Azwar Anas Mengantarkan makanan untuk lansia.

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi meluncurkan program “Rantang Kasih”, yaitu program pemberian makanan bergizi secara gratis kepada warga miskin, terutama lanjut usia (lansia) yang sudah nonproduktif.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

”Nama programnya Rantang Kasih. Tahap awal kami gotong-royong. Setelah uji coba satu atau dua bulan, kami sempurnakan. Ada 1.000 lansia sasaran, lalu ditambah 2.000 lansia di pertengahan 2018. Tiap hari kami antarkan makanan bergizi ke rumah-rumah mereka,” ujar Bupati Abdullah Azwar Anas saat mengumumkan program itu dengan mengantarkan makanan bergizi ke sejumlah warga lansia, Kamis (26/10).

Sejumlah warga lansia yang dikunjungi Anas antara lain Ibu Misnah, Bakiah. Sami, Ramli, dan Asiah yang tinggal di beberapa desa di Kecamatan Glagah. “Anggaran tahap awal ini sekitar Rp 5,5 miliar, dan pasti terus ditambah. PAD kita terus meningkat, maka harus menetes sampai ke bawah, termasuk lewat program ini,” terang Anas.

Loading...

Dia menambahkan, makanan yang diberikan sesuai gizi seimbang yang disupervisi oleh Dinas Kesehatan, misalnya, ada sayur, buah, dan daging yang diatur tiap harinya. Nantinya akan dipetakan, mana lansia yang tidak boleh makan daging karena punya penyakit tertentu dan mana yang boleh. “Jadi jangan gara-gara makan ini nanti kolesterolnya naik. Bukannya sehat, malah gawat,” kata Bupati berusia 44 tahun itu bercanda.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last