Naskah Unas Datang Besok

0
151

BANYUWANGI – Persiapan pelaksanaan ujian akhir nasional (Unas) bagi siswa kelas XII sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Banyuwangi telah dimatangkan. Hari ini (10/4), panitia akan mengambil naskah unas ke salah satu percetakan di Surabaya. Untuk pengambilan naskah ini, akan dikawal secara khusus oleh anggota dari Polres Banyuwangi. “Polres ikut bertanggung jawab atas pelaksanaan unas, besuk (hari ini) kita akan ikut mengambil soal ke Surabaya,” ce tus Wakapolres Banyuwangi Kompol Agus Widodo kemarin (9/4).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam mengambil naskah unas ini, jelas Agus, selain dari anggota polres juga ada panitia dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, juga ada panitia dari Perguruan Tinggi. “Soal yang akan kita ambil dari Surabaya ini, langsung kita masukkan ke Aula Rupa Tama Mapolres Banyuwangi,” katanya sambil melirik Kabag Ops Kompol Sujarwo yang berada di sebelahnya. Menurut Wakapolres Agus, naskah unas yang diambil itu direncanakan sudah harus tiba di Polres Banyuwangi pada Kamis besok (11/4).

Setiba di Banyuwangi, pa ni tia dengan pengawasan dari anggota kepolisian akan memeriksa dan mengelompokkan naskah sesuai dengan sub rayon dan sekolahnya. Selama naskah unas ini disimpan di polres itu akan dijaga oleh anggota secara khusus. Ang gota yang akan menjaga soal ujian akhir tersebut juga su dah disiapkan. “Soal unas itu termasuk rahasia negara, anggota akan kita siapkan untuk me ngawasi,” ujar Kompol Agus. Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan, kata dia, pin tu yang ada di Aula Rupa Ta ma akan digembok tiga.

Ke tiga gembok ini, kuncinya di bawa oleh polres, panitia dari Dispendik, dan satu kunci lagi disimpan oleh perwakilan dari Perguruan Tinggi. “Tiga gembok ini dibeli oleh tiga lembaga itu,” ungkapnya. Naskah unas disimpan di Mapolres Banyuwangi ini, sebut dia, hingga Sabtu (13/4). Pada Sabtu mendatang, semua naskah yang sudah dike lompokkan berdasar sub ra yon dan sekolah dikirim ke sub rayon dan disimpan di polsek setempat. “Selama pengiriman naskah dari polres ke polsek, akan dijaga oleh polisi,” cetusnya.

Sementara itu, unas tingkat SMA,SMK dan MA akan berlangsung selama empat hari mulai 15 April mendatang. Hingga kemarin, jumlah peserta Unas SMA di Banyuwangi ter catat 5.628 orang. Jumlah itu terdiri dari program bahasa sebanyak 1.075 orang, program IPA 2.989 orang dan program IPS sebanyak 2.522 orang. Kepala Dispendik Banyuwangi, Sulihtiyono men je laskan, pada hari pertama pelaksanaan unas, peserta akan mengerjakan naskah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk semua program.

Sedangkan un tuk hari kedua, naskah soal ujian yang akan dikerjakan sis wa adalah mata pelajaran Fi sika untuk program IPA, mata pelajaran ekonomi untuk program IPS dan Bahasa Inggris/ asing untuk program bahasa. “Untuk jam kedua, peserta unas akan menghadapi naskah soal mata pelajaran Bahasa Inggris untuk semua program,” tambah Plt Kabid Pendidikan Menengah Dispendik Banyuwangi, Suratno.

Sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA) keagamaan hari kedua naskah ujiannya Tafsir dan Bahasa Inggris. Pada hari ketiga, peserta dari semua program hanya akan mengerjakan satu naskah soal mata pelajaran Matematika. Sementara untuk hari terakhirnya, lanjut Suratno, peserta akan menghadapi dua mata pelajaran. Pada jam pertama, mata pelajaran Kimia dan Biologi pada jam kedua untuk program IPA, sosiologi dan geografi untuk program IPS. Program bahasa, mata pelajaran yang diujikan antropologi dan sastra Indonesia. Untuk MA program keagamaan mata pelajaran yang diujikan Fiqih dan Hadis.

“Ujian susulan unas SMA dan MA akan berlangsung sejak 22 hingga 25 April 2013,” katanya. Berbeda dengan unas SMA, pelaksanaan unas SMK hanya berlangsung selama tiga hari mulai 15 hingga 17 April 2013. Pada hari pertama, peserta unas SMK akan mengerjakan naskah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Bahasa Inggris dan hari ketiga Matematika. Untuk ujian susulan SMK, ungkap Suratno, akan digelar mulai tanggal 22 hingga 24 April 2013. Sedangkan ujian praktik keahlian kejuruan sudah dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Ujian teori ke ahlian kejuruan akan di laksanakan pada 18 April 2013. ”Pengumuman hasil UN akan di laksanakan pada 24 Mei 2013 men datang,” sebutnya. (radar)

Loading...