Ombak Normal,Waspadai Angin

0
414
PANAS: Langit di atas Selat Bali cerah.

BANYUWANGI – Cuaca di sebagian besar wilayah Banyuwangi dan sekitarnya diprediksi kurang bersahabat dalam beberapa hari mendatang. Lantaran embusan angin cukup kencang, ada kemungkinan hal itu mempengaruhi aktivitas pelayaran. Berdasar data dari Stasiun Meteorologi Banyuwangi, ada beberapa indikator yang menunjukkan bahwa cuaca akhir-akhir ini belum bisa dikatakan bersahabat, yaitu kecepatan angin berada di kisaran speed 6 km per jam hingga 32 km per jam.

Hal itu akan berimbas pada ting gi gelombang air laut. Meski terpantau normal, ketinggian gelombang di Selat Bali berada di level 0,3 meter hingga 1,5 me ter. Di Samudera Indonesia, ketinggian air laut mencapai 0,8 hingga 2 meter. Pengamat cu aca, Anjar Triyono Hadi, mengatakan secara umum kondisi perairan di Banyuwangi normal. Yang perlu diwaspadai adalah kecepatan arus akan me ngalami peningkatan.

Sejauh ini, kecepatan arus yang terekam mencapai 25 cm per de tik. Peningkatan kecepatan arus air laut tersebut disebabkan be berapa faktor, di antaranya kondisi dan bentuk laut. Karak teristik Selat Bali adalah menyempit. Hal itu mendukung ter ciptanya arus yang cukup kuat. “Kondisi laut menyempit dan ditambah gelombang, arus bisa semakin kuat,” bebernya. Selain itu, meski masih dalam musim kemarau, suhu di Banyuwangi terpantau berada di kisaran 22 hingga 30 de rajat Celcius.

Kelembaban uda ra berada di kisaran 62 hing ga 88 persen. Hal itu masih memungkinkan terjadinya hujan. Hanya saja, sifat dan intensitasnya ringan dan tidak me-rata. Anjar pun menampik bila kondisi cuaca yang kurang ber sahabat saat ini disebabkan pengaruh dan fenomena cuaca di daerah lain. Memang, saat ini di atas Papua ada udara bertekanan rendah. Namun, lan taran jaraknya jauh, Anjar menyebut itu tidak ber pe ngaruh terhadap cuaca di Banyuwangi. “Semua normal ke cuali arus tadi,” tegasnya. (radar)

Baca :
Warga Geger, Seorang Pemuda Ditemukan Gantung Diri di Pohon Kelengkeng, Ini Kronologinya