Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Pagi Pengajian, Malam Konser Religi Setia Band

pagiTEGALSARI – Beragam kegiatan besar terus digelar oleh Keluarga Besar Pondok Pesantren (PP) Darussalam, Blokagung, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, untuk memperingati haul ke 23 KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur, Haul ke 31 Ny. Hj. Siti Maryam Syafa’at, Haul ke 14 Ny. Hj. Siti Musyarofah Syafa’at.

Rentetan acara besar tersebut antara lain Darussalam Adventure Trail (DAT) II, Bazar Raya, parade band, MTQ, Festival Sholawat dan Banjari Se-Eks Karasidenan Besuki dan Bali. Ada juga khitanan masal, Bahtsul Masa’il se Jawa dan Madura, Wisuda Majelis Bimbingan Alquran Darussalam, Tasyakur Khotmil TPQ, Tasyakur Hotmil Quran Putri, Wisuda Kelas Akhir Kurikulum, Tasyakur Khotmil Quran Bil Ghoib, dan Sarasehan Alumni.

Pagi ini adalah puncak acara haul. Ribuan alumni yang berdatangan sebelum hari H, akan berkumpul menjadi satu di pentas utama, tepatnya di halaman PP Darussalam Blokagung Banyuwangi. Dimana dalam acara itu ceramah agama rencananya akan diisi oleh Habib Umar Al-Muthohhar dari Semarang. Sedang malamnya, ribuan hadirin akan dihibur penampilan Setia Band dengan vokalis Charly Van Houtten.

Ahad pagi kemarin (27/5) dimulai lagi kegiatan lanjutan Bahtsul Masa’il, setelah malamnya selesai sampai kurang lebih pukul 23. 30. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan seminar tentang penggalian ilmu fi qih. Berbarengan dengan kegiatan tersebut, juga ada acara wisuda kelas tiga di tingkat kurikulum, sehingga menambah ramainya kegiatan pesantren berdiri pada tanggal 15 januari 1951 itu.

Tidak hanya itu saja, pada malam yang sama juga tidak kalah meriah, Tasyakur Khotmil Qur’an Bil Ghoib, Tasyakur Khotaman kitab Ihya’ ulumiddin dan kitab Tafsir tafsir jalalain, berikut sarasehan alumni memberikan suntikan semangat luar biasa di pondok yang dulunya hanya sebuah mushola, itu. Sekadar tahu, pesantren yang didirikan oleh almarhum almaghfurlah KH. Mukhtar Syafaat Abdul Ghofur itu, ini rutin mengadakan acara tasyakur khataman kitab ihya’ ulumiddin dan tafsir jalalain ini setiap tiga tahun sekali.

Hal ini selalu dilakukan saat acara haul, yang dalam acara itu biasanya dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung yang kebanyakan dari seluruh alumni se Nusantara. Pesantren yang fokus pada program diniyyahnya itu, juga tidak mau ketinggalan dalam masalah formalnya, pendidikan umum mulai dari tingkat paud sampai perguruan tinggi telah lengkap di dalamnya.

Tidak hanya itu saja prestasi santri Blokagung ini, juga telah sampai ke kancah Nasional dan Internasional. “Ada pesantren yang ketika di dalamnya dimasuki sekolah umum, diniyyahnya kalah, tapi di Blokagung tidak. Diniyyahnya jalan kurikulumnya jalan,” Tutur pengasuh Pesantren Blokagung, KH. Ahmad Hisyam Syafa’at. “Kalau sampai kurikulum mengganggu kegiatan diniyyah, lebih baik kurikulumnya yang ditutup,” lanjutnya.

Sementara itu, pondok pesantren yang natabene menjadi pondok terbesar se- Banyuwangi, ini kembali membuka penerimaan santri baru (PSB) sejak awal bulan kemarin (1/5). Kali ini panitia PSB, sudah membuka pendaftaran secara online. Jadi bagi pendaftar tidak harus datang di tempat PSB dan melengkapi administrasinya di tempat itu. Tapi semuanya cukup hanya dengan mengirimkan e-mail dan mentransfer biaya pendaftaran. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung membuka web resmi PP. Darussalam Blokagung Banyuwangi di internet www.blokagung.net . (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE