Pasien BPJS Ramai ke Puskesmas

0
849

Setelah Pelayanan Mulai Meningkat
ROGOJAMPI – Salah satu penyedia fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1, Puskesmas Gladag, Kecamatan Rogojampi mencatat selama bulan Juli sampai akhir September 2015 ini telah menangani sedikitnya 1.105 pasien peserta BPJS Kesehatan.

Sedangkan yang harus dirujuk ke beberapa rumah sakit mencapai 181 pasien. Menurut Kepala Puskesmas Gladag, Dr Zaenal Abidin, banyaknya pasien BPJS Kesehatan yang ditangani merupakan wujud keberhasilan dari upaya peningkatan pelayanan yang dilakukannya selama ini.

“Kita selalu memberikan pemahaman kepada peserta BPJS, bahwa tidak semua keluhan penyakit harus langsung diatasi rumah sakit. Kita tangani dulu disini (Puskesmas), jika tidak membaik baru kita rujuk ke rumah sakit,“ jelas Dr Zaenal.

Saat koran ini berkunjung ke Puskesmas Gladag, pagi kemarin (28/9), suasana puskesmas cukup ramai namun tertib. Terlihat ada beberapa pasien BPJS Kesehatan yang melakukan check up kesehatan. Seperti Imron Rosadi, 59, peserta BPJS Kesehatan asal Desa Kaligung ini memiliki riwayat penyakit paru-paru.

Setelah mendapat pemeriksaan dari tim medis, Rosadi diberi surat rujukan ke Poli Paru RSUD Blambangan. “Memang kondisi kesehatan saya memburuk,“ ujar Rosadi. Berbeda dengan Rohimah, 48, warga Desa Gintangan yang saat itu juga datang ke Puskesmas Gladag untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

Setelah dinyatakan mengidap Diabetes beberapa bulan lalu, setiap 15 hari Rohimah harus kontrol rutin. “Setelah diperiksa, langsung diberi obat gratis,“ ujarnya. Saat disinggung mengenai klaim yang diajukan Puskesmas Gladag kepada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Banyuwangi, dr Zaenal Abidin menyatakan selama ini berjalan cukup baik dan lancar. “Tidak ada masalah, sangat tepat waktu,“ pungkas dr Zaenal. (radar)