Paspor Nyaris Expired Bisa Lolos Imigrasi

0
948
LAJUR KANAN: Jalanan yang mulus memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi di Singapura.

Singapura dikenal sangat ketat dalam urusan keimigrasian. Namun, ternyata petugas imigrasi negeri itu bisa melunak, meski paspor yang dibawa nyaris kedaluwarsa. Berikut catatan BAYU SAKSONO yang baru datang dari negara tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

LAJUR KANAN: Jalanan yang mulus memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi di Singapura.

KEDATANGAN saya ke Singapura kali ini sebagai tugas liputan 26th Annual Seminar yang dihelat Mount Elizabeth Hospital di kawasan Orchard. Seminar kesehatan tersebut berlangsung Sabtu lalu (3/11). Agar tidak terlambat, saya berangkat dari Bandara Internasional Juanda sehari sebelum acara (2/11).

Saat check in di Bandara Juanda subuh, petugas maskapai China Airlines kaget karena ternyata paspor saya sudah hampir expired. ‘’Untuk masuk Singapura, paling tidak masa berlaku paspor harus 6 bulan. Masa berlaku paspor Anda tinggal 4 bulan lagi,’’ jelas petugas maskapai tersebut.

Untuk menunda keberangkatan dan membuat paspor baru, rasanya sudah tidak mungkin. Akhirnya, petugas maskapai menawarkan untuk membuatkan surat pernyataan. Isi surat tersebut, maskapai tetap menerbangkan saya ke Singapura, tapi pihak maskapai tidak bertanggung jawab untuk urusan lain-lain.

Saya setuju saja, yang penting bisa terbang dulu. Urusan dengan maskapai beres. Kali ini, berhadapan langsung dengan petugas imigrasi Indonesia. Pertanyaan yang diberikan pun sama. Tapi lagi-lagi, petugas imigrasi masih berbaik hati ‘’Ini paspornya kurang dari enam bulan. Saya tidak akan memindai atau scan supaya tidak terbaca di pusat. Silakan jalan saja,” ujar petugas imigrasi tersebut.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last