Pemkab Banyuwangi Distribusikan Air Bersih ke 400 KK

0
182
Air bersih didistribusikan ke 400 KK di Banyuwangi

BANYUWANGI – BPBD Banyuwangi mulai menyalurkan air bersih ke lokasi kekeringan di Kecamatan Wongsorejo. Saat ini Wongsorejo lokasi terparah kekeringan di Banyuwangi. Yang mendapat suplai air bersih berjumlah 400 Kepala Keluarga (KK).

Kali ini, BPBD Banyuwangi menyalurkan pertama kali air bersih dari Pemkab Banyuwangi melalui PDAM di Dusun Karangrejo Selatan, Desa Wongsorejo, Kecamatan Wongsorejo.

“Kita langsung saluran air bersih untuk masyarakat Wongsorejo. Ada dua truk tangki PDAM yang kita berikan untuk 400 KK di Banyuwangi,” ujar Kabid Kedaruratan BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, Minggu (3/9/2017).

Loading...

Eka mengaku pengiriman air bersih ini akan dilakukan secara rutin setiap 3 hari. Eka bercerita kondisi kekeringan ini sudah sangat parah. Beberapa sumber air yang biasa digunakan penduduk tidak mengalir. Pemberian air bersih ini langsung diberikan kepada masyarakat dengan jirigen dan tandon air milik masyarakat umum.

Sementara data BPBD Banyuwangi, sebanyak 9 kecamatan dan 26 desa masuk dalam kawasan rawan kekeringan di Banyuwangi. Namun menurut Eka, tidak seluruh dari 9 kecamatan tersebut mengalami kekeringan.

“Hanya beberapa Dusun dan RT saja. Tidak semuanya. Antara lain Wongsorejo, Muncar, Purwoharjo, Tegalsari, Pesanggaran, Tegalsari, Gambiran dan Muncar,” tambahnya.

BPBD telah melakukan koordinasi dengan BMKG Banyuwangi terkait musim kemarau ini. Sesuai dengan prakiraan BMKG, musim kemarau di Banyuwangi berlangsung Agustus-Desember mendatang.

“Air baku masyarakat berkurang. Kita lakukan penanganan dengan memberikan air bersih,” pungkasnya.

Musim kemarau, sejumlah desa di wilayah Kecamatan Wongsorejo kekeringan. Kecamatan paling ujung Utara Kabupaten Banyuwangi ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Situbondo.

Di daerah ini, jarang turun hujan meskipun di berbagai daerah di wilayah Kota Banyuwangi maupun Selatan masih turun hujan dalam beberapa bulan terakhir ini. Hal ini diakibatkan hampir seluruh wilayah Kecamatan Wongsorejo dikelilingi pegunungan. Sehingga sering terjadi kekeringan yang berkepanjangan. (detik.com)

loading...