Perekaman Baru 272 Ribu Jiwa

0
142

BANYUWANGI – Proses perekaman data kartu penduduk elektronik (e-KTP) hingga kemarin (31/5) baru menembus angka 272.656 jiwa. Angka itu belum mencapai 50 persen dari wajib KTP warga Banyuwangi yang menembus angka 1,5 juta jiwa. Target terakhir perekaman e-KTP pada Oktober mendatang. Sebelum Oktober itu, Pemkab Banyuwangi menargetkan perekaman data e-KTP sudah tuntas.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Kami meminta kecamatan yang hasil perekaman masih rendah untuk kerja lebih keras lagi,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sudjani. Di beberapa kecamatan, pertumbuhan perekaman data e-KTP berlangsung cukup cepat. Sebaliknya, ada pula beberapa kecamatan yang pertumbuhannya sangat lambat. Karena itu, lanjut Sudjani, sisa waktu sekitar lima bulan harus benar-benar dimanfaatkan untuk menyelesaikan pengambilan data e-KTP.

Loading...

Jika ada kendala serius, Sudjani mewanti-wanti pihak kecamatan untuk menyampaikan kepada Dispendukcapil agar segera dicarikan solusinya. Menurut Sudjani, jumlah wajib KTP di Banyuwangi tergolongan besar dibanding beberapa daerah lainnya. Selain wajib KTP besar, Banyuwangi juga memiliki wilayah dengan penyebaran penduduk yang cukup luas. Untuk itu, proses pengambilan dan perekaman data e-KTP tidak bisa dilakukan seperti daerah yang wajib KTP-nya kecil. “Kita harus kerja keras untuk menuntaskan pengambilan data e-KTP itu,” ujar Sudjani. (radar)

Loading...