Petani Banyuwangi Gelar Semprot Masal

0
147


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MUNCAR-Hujan yang masih sering turun di daerah Banyuwangi Selatan, diantisipasi oleh kelompok tani (poktan) dengan melakukan penyemprotan masal. Itu seperti yang terlihat di  Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, kemarin (5/2).

Loading...

Salah seorang petani, Pairin,  50, mengaku, pada musim hujan tanaman padi sangat rawan serangan hama dan penyakit seperti wereng, busuk batang, dan potong leher. Makanya, perlu pemantauan ekstra. Untuk mengantisipasi hama  itu, para petani menggelar penyemprotan masal yang dikoordinir Dinas Pertanian (Distan)  Banyuwangi.

“Semprot masal ini obat dari dinas pertanian,” katanya pada Jawa Pos Radar Genteng. Kepala Distan Banyuwangi,  Arief Setyawan, melalui Kepala  Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Ilham Juanda, menyampaikan curah yang hujan seperti  saat ini, membuat tanaman padi sangat terhadap serangan hama.

“Jamur dan bakteri mudah berkembang biak dan dapat menyebabkan penyakit busuk batang dan potong leher,” katanya. Ilham mengaku bersama petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) datang dan turun kepada kelompok tani untuk melakukan edukasi agar mampu mengantisipasi perubahan cuaca ekstrem.

“Kami juga memberikan stimulan dengan memberi bantuan insektisida,” ungkapnya.(radar)

Loading...