Puluhan Warga Kesurupan Dalam Ritual Keboan di Desa Aliyan

0
999

salah-satu-keboan-yang-sedang-kesurupan-mandi-di-kubangan-lumpur-kemarin

ROGOJAMPI-Upacara adat Keboan yang digelar warga Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, berlangsung meriah kemarin pagi (9/10). Ribuan warga yang datang dari berbagai daerah, tumplek blek di dua dusun yang dibuat untuk acara tradisi tersebut.

Ritual Keboan yang digelar warga di Desa Aliyan  setiap Suro (Muharram) itu cukup unik. Meski dalam  upacara itu dipusatkan di kantor desa setempat, tapi  dalam pelaksanaan dilaksanakan di Dusun Sukodono  dan Dusun Krajan. “Mulai dulu memang di dua tempat,”  terang Sugiono, 57, salah satu sesepuh adat Desa Aliyan.

Keboan yang digelar warga ini, di mulai sekitar pukul 06.60. Sebelum upacara itu dimulai, dilaksanakan  selamatan kampung. Hampir semua warga yang ada di Dusun Sukodono, keluar rumah dengan membawa makanan dan ingkung. Mereka, makan bersama dengan  menggelar tikar di pinggir jalan kampung.

Sebelum makan bersama dilakukan, dibacakan ayat-ayat Alquran melalui pengeras suara dari musala. Disusul dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh salah satu kiai kampung. “Monggo dinikmati semua,” kata kiai kampung usai membacakan doa. Belum selesai makan, sejumlah warga terlihat sudah mulai kesurupan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last