Punya Kantor Baru, Launching Majalah Pena

0
201
KOMPAK: Ketua KPJ Laskar Putih M.Yunus Wahyudi (tengah) bersama jajaran Muspika Kecamatan Purwoharjo kemarin.

PURWOHARJO – Organisasi kepemudaan Kelompok Pemuda Jalanan (KPJ) Laskar Putih Banyuwangi kini punya kantor sekretariat baru. Kantor sekretariat baru tersebut ber- lokasi di Desa Keradenan, Kecamatan Purwoharjo. Kemarin siang, kantor baru tersebut secara resmi dibuka sekaligus dilaunching Majalah Pena. Ketua umum KPJ Banyuwangi, M.Yunus Wahyudi, menuturkan organisasi tersebut sengaja dibentuk murni demi semangat kekeluargaan bagi pemuda jalanan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mempunyai idealisme dan komitmen memperjuangkan hak-hak kaum marjinal. ‘’Organisasi ini juga sebagai lembaga pengaduan masyarakat,’’ ujarnya. Menurut dia, sejak dibentuk 1,5 tahun lalu, organisasi tersebut terus berkembang dan mempunyai peran penting dalam pembangunan. Eksistensi organisasinya itu murni untuk mewadahi agar anak- anak jalanan bisa mempunyai wadah agar bisa berkarya. ’’KPJ ini anti premanisme, ini menjadi wadah untuk berkarya,’’ tegasnya.

Dia menyebut, pihaknya sudah bekerjasama dengan galangan kapal fiberglass di Kecamatan Rogojampi. Karena itu, bagi anak-anak yang belum menganggur agar me- nyalurkan tenaganya di perusahaan tersebut. ’’Mulai dari teknik pembuatan kapal, soal listrik, mesin, elektro diajari di sana. Kalau berprestasi nanti akan dijadikan karyawan. Kami akan fasilitasi ke arah sana,’’ janjinya. Karena itu, kata dia, motto utama yang diusung dalam organisasinya itu adalah Belajar Urip Bener.

Dengan dasar itu, organisasinya itu akan terus mencari jalan agar mencari jalan hidup terbaik. ‘’Kita sampaikan, kita akan tanamkan kalau anak-anak jalanan macam pengamen tidak mabuk-mabukan, apalagi sampai malak,’’ jelasnya. KPJ Laskar Putih, imbuh dia, juga tidak akan lepas dari keg- iatan yang bersifat religius dan kesenian. Karena itu, pihaknya secara rutin akan menggelar doa bersama.

‘’Kita akan menggelar acara istigotsah bulanan,’’ ujar mantan petarung bebas kelas Asia dalam sambutannya, kemarin. Selain itu, masih kata dia, pihaknya juga me-launching Majalah Pena sebagai jendela informasi pendidikan dan pariwisata di Banyuwangi. Sebab, dua kategori tersebut menjadi tolok ukur bagi pem- bangunan Bumi Blambangan.

’’Ini sekaligus launching Majalah Pena. Sekedar tahu, kami sudah mempunyai ri- buan anggota,’’ sebut dia yang merangkap sebagai komisaris majalah tersebut. Sementara itu, kegiatan peresmian tersebut dihadiri Muspika Kecamatan Purwoharjo. Selain itu, perwakilan KPJ Laskar Putih dari kabupaten lain juga hadir. Ratusan orang yang hadir juga disuguhi tontotan musik keroncong dan dangdut. (radar)

Loading...