Rencanakan Bangun Saluran Irigasi di Lima Sub Blok

0
366
AKAN DIBANGUN: Saluran air di tengah persawahan ini akan diplengsengisasi agar aliran air lancar

GAMBOR – Mayoritas masyarakat Desa Gambor, Kecamatan Singojuruh, mengganMenyadari hal tersebut, pemerintah desa setempat merencanakan pembangunan saluran irigasi di lima sub blok.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Di antaranya sub blok Maeso Ageni dan Maeso Suro di Dusun Krajan; serta sub blok Kebondanu; Maeso Kebokenongo; dan Maeso Jenarah; di Dusun Sidorejo. Kepala Desa (Kades) Gambor, Achmad Syaihul, mengatakan saluran irigasi di lima sub blok itu berfungsi mengairi sawah seluas 296,5 ha. Namun sayang, setiap kali musim kemarau melanda, sawah seluas itu menjadi kurang produktif lantaran pasokan air sangat minim.

Loading...

“Jadi, jika pembangunan saluran irigasi tersebut sudah terealisasi, kami optimistis produktivitas sawah akan meningkat,” ujarnya. Salah satu upaya yang telah ditempuh pihak desa adalah mengajukan bantuan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja negara (APBN). Awal tahun ini, lanjut Syaihul, pihaknya sudah mengajukan proposal kepada Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (Kementerian PDT).

“Mudah-mudahan bantuan segera turun agar produktivitas lahan di desa kami bisa optimal,” harapnya. Sementara itu, selain sektor pertanian, Desa Gambor juga dikenal dengan kerajinan bordir. Tidak tanggung-tanggung, jumlah warga yang menggeluti bisnis kerajinan yang satu ini mencapai puluhan orang. “Pemasaran kain bordir produksi desa kami sudah tembus wilayah Bali,” tukasnya, bangga.(radar)