Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Hukum  

Satreskrim Polresta Banyuwangi Amankan Bos Arisan ABG

Para korban arisan online melapor ke Polresta Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

Satreskrim Polresta Banyuwangi telah mengamankan seorang pria yang diduga sebagai bos investasi Arisan Bersama Gita (ABG). Terduga pelaku di balik tindak pidana penipuan masal ini, berhasil diciduk polisi di wilayah Surabaya.

Penangkapan ini dilakukan sehari setelah puluhan warga yang menjadi korban arisan ABG ramai-ramai melapor ke Polresta Banyuwangi.

“Kita melakukan pengamanan setelah diamankan oleh Polsek Wonokromo di wilayah Kota Besar Surabaya,” jelas Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, AKP Iwan Hari Poerwanto, Rabu (15/12/2021).

Terduga pelaku tersebut dilaporkan setelah diklaim menggelapkan sejumlah uang arisan yang bernilai total miliaran rupiah. Saat ini, pria tersebut masih menjalani serangkaian pemeriksaan mendalam oleh polisi.

“Saat ini status terlapor masih sebagai saksi, masih kita lakukan pemeriksaan. Kalau ada korban yang lain silahkan untuk melaporkan ke Polresta Banyuwangi,” ujar AKP Iwan.

Diberitakan sebelumnya, puluhan warga Kabupaten Banyuwangi mengadukan nasib karena merasa telah tertipu oleh program arisan online. Jika diakumulasikan, kerugian para pelapor ini diklaim mencapai angka Rp10 miliar.

Para peserta arisan online ini dikumpulkan menjadi satu grup yang kemudian diberi nama Arisan Bersama Gita (ABG). Di dalamnya, terdapat 90 peserta arisan.

Dari program investasi ABG ini, para peserta dijanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Setiap bulannya, masing-masing akan menghasilkan keuntungan sebesar 30 hingga 50 persen dari modal yang ditanamkan.

Memasuki bulan November 2021 lalu, bos arisan ABG mulai terlihat mencurigakan. Hal ini ditandai dengan pencairan sering molor hingga akhirnya hilang tanpa jejak. Baik nomor kontak, akun Facebook, akun Instagram dan semua tentang si bos arisan ABG hilang. Dari informasi yang beredar, korban arisan ABG ini juga menyebar di wilayah Jember dan Surabaya.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/387449/satreskrim-polresta-banyuwangi-amankan-bos-arisan-abg

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE