Satu Jam Tilang 65 Pengendara

0
451

satuBANYUWANGI – Tingkat kepatuhan masyarakat Banyu wangi terhadap peraturan berlalu-lintas tampaknya masih minim. Setidaknya, hal itu terbukti dalam hasil razia yang digelar aparat Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polres Banyuwangi kemarin (10/12). Dalam razia yang berlangsung hanya sekitar satu jam di Jalan Adi Sucipto, Banyuwangi, itu petugas menjaring dan menjatuhkan sanksi tilang kepada 65 pengendara.

Itu berarti, setiap satu me nit ada satu pelanggar yang terjaring razia. Dalam razia yang dipimpin Kasatlantas AKP Gathut Bowo kali ini, polisi juga melibatkan ha kim dan jaksa. Hakim Pe ngadilan Negeri (PN) dan jak sa Kejaksaan Negeri (Kejari) Ba nyuwangi itu dihadirkan untuk mem permudah penyelesaian sank si tilang yang dijatuhkan ke pada pelanggar lalu-lintas ter sebut. Ya, dalam razia ter sebut, para pelanggar langsung men jalani sidang di tempat.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Polres Banyuwangi, AKP Bambang SP mengatakan, razia tersebut digelar dalam rangka Operasi Zebra Semeru 2013 yang berlangsung sejak 28 November hingga 11 Desember mendatang “Operasi Zebra Semeru di laksanakan guna menekan angka kecelakaan lalu-lintas, karena kecelakaan lalu-lintas sel alu berawal dari pelanggaran (peraturan lalu-lintas),” ujarnya.

Kasubag Humas Bambang menambahkan, dalam operasi kali ini pihaknya memprioritaskan pelanggaran lalu-lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu-lintas. Diantaranya pelanggaran rambu lalu-lintas, berboncengan tiga, mengendarai kendaraan bermotor di bawah umur, dan berkendara melebihi muatan. “Kami juga mengintensifkan so sialisasi, baik melalui media massa, ke sekolah-sekolah, mau pun kepada masyarakat umum,” tandasnya. Kasatlantas Gathut Bowo menambahkan, dalam razia kemarin pihaknya menerapkan sanksi tilang kepada 65 pelanggar.

Ironisnya, mayoritas pelanggar yang terjaring razia kemarin masih berstatus pelajar.  “Hari ini (ke marin) dilakukan si dang di tempat untuk mempercepat penyelesaian sanksi tilang,” tuturnya. Lebih jauh Gathut mengatakan, selama Operasi Zebra Semeru 2013, rata-rata dalam sehari pihaknya menjatuhkan se ratus sanksi tilang kepada pelanggar lalu-lintas. “Pada pekan pertama Operasi Zebra Semeru 2013, kami menerapkan 1.140 sanksi tilang dan 1.400 teguran simpatik,” pungkasnya. (radar)