Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Sempat Tak Terurus, Wisata Waduk Lecari Siap Bergeliat Lagi

Foto: TIMES Indonesia

BANYUWANGI – Wisata agro Waduk Lecari yang berada di Dusun Sumberjo, Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, kini mulai mendapat perhatian baik pemerintah desa maupun dari Pemkab Banyuwangi.

Dilansir dari TIMES Banyuwangi, Waduk Lecari akan mendapat pendampingan langsung dari Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Banyuwangi.

Rencananya akan dibuat sebagai wisata apung terpadu. Untuk awal, sebanyak 23.000 benih ikan patin ditebar di waduk ini. Selanjutnya akan dilengkapi sarana dan prasarana permainan air, transportasi air dan restoran apung.

“Penebaran benih ikan tersebut merupakan program restocking tebar ikan terkendali (barkanli). Yang sudah dimasukkan dalam agenda Banyuwangi Festival 2020 pada bulan April mendatang,” ungkap Sekcam Gambiran, Susanto, Jumat (3/1/2020).

Guna mendukung program pemerintah terkait wisata berbasis desa ini, Jumat pagi Muspika bersama warga mengadakan kerja bakti untuk bersih bersih Waduk Lecari.

“Selain melakukan pembersihan juga dilaksanakan pembukaan jalur pejalan kaki sepanjang 500 meter yang rencananya akan dilakukan pavingisasi serta pemasangan lampu penerangan,” ujarnya.

Wisatawan nantinya bisa berkeliling waduk dan melihat aktivitas masyarakat dengan menggunakan perahu. Setelah itu bisa mampir ke warung-warung terapung di sekitar waduk, untuk mencicipi kuliner ikan patin.

Di waduk tersebut juga disiapkan keramba-keramba ikan di sekitar sungai. Keramba merupakan salah satu tempat pemeliharaan ikan dengan mengoptimalkan manfaat perairan umum untuk budidaya ikan.

Hendik Prasetyo, salah satu warga setempat mengaku senang dengan kabar waduk lecari yang mendapat perhatian dari pemerintah. Menurut dia, hal ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kalau wisatanya maju, perekonomian masyarakat sekitar saya meyakini juga akan ikut terangkat. Semoga pemerintah benar-benar mendampingi wisata ini,” terangnya.

Hendik berpendapat, Waduk Lecari punya potensi besar untuk jadi destinasi wisata andalan Banyuwangi.

“Hanya saja perlu polesan dan sedikit sentuhan tangan manusia agar tambah menarik perhatian,” katanya.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE