Seni Jaranan Buto Goyang Malaysia

0
734

Kesenian-jaranan-buto-tampil-di-arena-Putrajaya-International-Hot-Air-Balloon-Fiesta-(PIHABF)-di-Presint-2-Putrajaya,-Malaysia,-Minggu-lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MALAYSIA – Kesenian jaranan buto Banyuwangi menarik perhatian para pengunjung festival balon udara Putrajaya  (Putrajaya International Hot Air Balloon Fiesta), Malaysia, Minggu kemarin (13/3). Dalam festival yang diikuti sebelas  negara itu, Indonesia menerbangkan balon udara bertulisan “Wonderful Indonesia” dengan corak burung cenderawasih berwarna-warni.

Dengan mengusung tema “Pop of Paradise”, delegasi Indonesia menampilkan aneka persembahan musik dan tari tradisional. ‘’Salah satu seni tari yang tampil adalah  jaranan butho Banyuwangi,” ujar Irzal Maryanto Asha by, 36, pengurus Ikawangi Malaysia.

Maryanto menambahkan,  penampilan seni tari Jaranan Buto Banyuwangi itu menarik perhatian para pengunjung. Tari Jaranan Buto itu disajikan masyarakat  Banyuwangi yang berada di Malaysia. Tarian tersebut ditampilkan dalam tiga sesi dengan alur cerita tersendiri.

“Kami mempersembahkan kesenian  tarian khas Banyuwangi ini dalam tiga sesi. Setiap sesi akan ada alur cerita tersendiri yang  saling berkaitan,” jelas lelaki asal  Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, itu. Maryanto menambahkan, sesi pertama adalah persembahan  jaranan buto. Sesi tersebut menggambarkan keperkasaan dan  semangat masyar akat Banyuwangi  dalam mempertahankan dan menjalani kehidupan.

‘’Selama  pergelaran berlangsung, ada  penjelasan seputar jaranan buto  dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris,” tuturnya. Selanjutnya, sesi kedua berlangsung selama dua jam, yaitu tarian kucingan. Tarian kucingan mengisahkan  jagat raya bukan hanya  tempat manusia. Jagat raya ini juga dihuni tumbuh-tumbuhan  dan hewan yang mempunyai  kebebasan dan hidup bersama.

“Yang terakhir adalah penampilan tarian barong yang mengisahkan  barong bertampang seram.  Namun, di balik semua itu, barong berperan sebagai pemimpin yang  mempunyai jiwa tegas, adil, dan  melindungi. Dia tidak membedakan dan menebarkan kasih sayang dalam kehidupan di muka bumi ini,” jelasnya.

Sementara itu, grup seni jaranan buto TuronggoYakso Sekar Wangi  itu dibentuk masyarakat Banyuwangi yang tinggal di Malaysia. Mereka tergabung dalam Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi)  Malaysia. ‘’Seni jaranan ini menjadi simbol persatuan komunitas Ikawangi dan sering tampil di  kegiatan warga Indonesia di Malaysia dan acara-acara masyarakat Malaysia,” ujarnya.

Ketua kesenian jaranan Turonggo Yakso Sekar Wangi, AhmadAziz, 55, berharap kesenian khas Banyuwangi tidak memudar  di kalangan para WNI dan masyarakat Banyuwangi. “Sebagai putra daerah Banyuwangi yang berada di Malaysia, saya merasa bertanggung jawab melestarikan budaya kita agar generasi mendatang tidak lupa kesenian dan budaya yang ada,” tuturnya.(radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Kata kunci yang digunakan :