Siswa Terbaik Kecamatan Diseleksi

0
133

Wakili Banyuwangi ke Ajang Siswa Berprestasi Jatim


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Seleksi siswa berprestasi SD/MI tingkat Banyuwangi digelar kemarin (3/4). Bertempat di SDN Penganjuran 4 Banyuwangi, acara tersebut dibuka Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Banyuwangi, Hamami, yang dihadiri Kepala UPTD Kecamatan Banyuwangi, Nurhamim. Dalam sambutannya, Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Banyuwangi, Hamami mengatakan, seleksi siswa berprestasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan siswa secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas.

Dalam kesempatan tersebut, Hamami juga mengajak para siswa untuk mengikuti program-program Bupati Abdullah Azwar Anas. Salah satunya adalah mematikan televisi di antara jam 18.00 hingga 19.00. Tujuannya agar para siswa dapat belajar dengan baik dan mampu berkosentrasi dalam belajar. Program lainnya adalah internet. Para siswa sudah harus bisa memahami makna dan manfaat internet untuk kegiatan positif. Sehingga dapat untuk mendukung proses belajar di sekolah. “Mau mencari referensi tentang Gunung Ijen, atau mau melihat profi l Mbah Maridjan, bisa dilakukan lewat internet,” katanya.

Loading...

Sementara itu, sekretaris panitia lomba, Setyo Utomo mengatakan, seleksi siswa berprestasi tersebut diikuti 48 siswa dari 24 Kecamatan. Di mana, seleksi ini sebelumnya telah dilakukan di tingkat kecamatan. “Peserta di tingkat kabupaten ini adalah juara satu putra dan juara satu putri di setiap kecamatan itu,’’ kata Setyo. Menurut Setyo, ada beberapa tahapan tes yang harus diikuti para peserta. Yaitu tes tulis yang meliputi PKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mengarang. Setelah mengikuti tes tulis ini, maka panitia akan mengambil 10 terbaik untuk mengikuti tes wawancara dengan materi kepemimpinan, pengetahuan umum, Bahasa Inggris, keterampilan, elektro, rancang bangun, lukis, senitari, musik, dan olahraga. Ada juga pramuka, pidato, puisi, dan komputer. “Pemenang juara satu putra dan putri di seleksi tingkat kabupaten ini akan dikirim ke Jatim,” cetusnya. (radar)

Loading...