SMK – SMA Wajib PSB Online

0
1361

BANYUWANGI – Masa penerimaan siswa baru (PSB) tahun 2012 memang baru akan berlangsung sekitar tiga bulan lagi. Namun, para wali murid harus bersiap-siap menghadapi sistem baru yang berbasis internet. Sebab, dalam PSB kali ini Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi akan menerapkan sistem online. PSB online rencananya akan diterapkan pada PSB SMA Negeri, SMK Negeri, dan SMP Negeri. Program layanan PSB online tersebut sudah diluncurkan Dispendik Banyuwangi kemarin (13/3).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Program layanan tersebut bernama Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) PSB Real Time Online. Program tersebut dirancang secara khusus untuk PSB atau penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online. Yang diatur dalam program tersebut adalah mulai proses pendaftaran hingga pengumuman.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Banyuwangi, Sulihtiyono mengakui, penerimaan siswa baru SMA, SMK, dan sebagian SMP, akan dilakukan secara online. Pada tahun 2012, pendaftaran siswa baru SMA, SMK, dan SMP, bisa dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi sekolah.

“Para calon siswa SMA dan SMK bisa mendaftar dari rumah, pasar, dan mal,” ujar Sulihtiyono kemarin. Dia menambahkan, PSB tingkat SMA negeri dan SMK negeri akan dilakukan secara online. PSB untuk SMP, belum semua bisa menerapkan sistem online. Baru sebagian SMP negeri yang akan menerapkan sistem tersebut.

“Sedangkan untuk penerimaan siswa sekolah dasar (SD), kita targetkan sudah online pada tahun 2013 mendatang,” katanya. Sulihtiyono menjelaskan, program SIAP adalah sebuah layanan online yang dirancang secara khusus untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengakses administrasi akademik ke semua lini pendidikan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last