Sukidi Resmi Gantikan Bagus Sudarmaja

0
153

sukidiDilantik Melalui Rapat Paripurna Istimewa


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Satu kursi kosong di DPRD Banyuwangi sepeninggal Made Bagus Sudarmadja resmi terisi. Posisi yang ditinggalkan anggota legislatif asal Fraksi PDI Perjuangan tersebut kini ditempati oleh Sukidi. Pergantian antar waktu (PAW) dari almarhum Bagus kepada Sukidi dilaksanakan melalui rapat paripurna istimewa di kantor wakil rakyat yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Banyuwangi, kemarin.

Ketua DPRD Banyuwangi, Hermanto secara langsung memimpin pengambilan sumpah janji Sukidi sebagai anggota DPRD Banyuwangi tersebut. Tiga wakil ketua DPRD Banyuwangi, yakni Djoni Subagyo, Adil Achmadiono, dan Ruliyono; Wakil Bupati (Wabup) Yusuf Widyatmoko; ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Syamsul Arifin, dan sejumlah anggota forum pimpinan daerah (forpimda) juga tampak hadir dalam paripurna istimewa kemarin.

Sekadar tahu, pada Pemilihan Umum Legislatig (Pileg) 2009 yang lalu, Bagus maju sebagai salah satu caleg PDI Perjuangan dari daerah pemilihan (dapil) IV yang meliputi wilayah Kecamatan Gambiran, Bangorejo, Purwoharjo, Siliragung, Tegalsari, dan Pesanggaran. Kala itu, Sukidi juga ikut bertarung memperebutkan kursi DPRD melalui dapil yang sama. Dapil IV dikenal sebagai lumbung suara PDIP. Melalui daerah tersebut, PDIP berhasil mendudukkan tiga kadernya di DPRD, yakni Hermanto, Sugirah, dan Bagus Sudarmaja.

Perolehan suara Sukidi berada di peringkat keempat. Akibatnya, Sukidi gagal melenggang ke kursi DPRD Banyuwangi. Namun belakangan, Bagus meninggal dunia, tepatnya pada 11 oktober 2012. Nama Sukidi pun mencuat ke permukaan sebagai pengganti alm Bagus menyusul keluarnya rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP. Bahkan, melalui surat keputusan Nomor 171.429/112/011/2013, tanggal 9 April 2013, Gubernur Jawa Timur (Jatim) menetapkan peresmian pemberhentian dengan hormat alm.

Bagus dan meresmikan pengangkatan Sukidi sebagai anggota DPRD periode 2009-2014. Dalam sambutannya, wabup berharap Sukidi bisa menjalankan tugas sebagai wakil rakyat dengan baik. Hal yang sama diutarakan Hermanto. Dikatakan, pihaknya berharap Sukidi bisa menjalankan tugas sebagai wakil rakyat dengan baik. “Kami berharap Saudara Sukidi bisa menjalankan tugas sebagai wakil rakyat dengan baik,” harapnya.

Dikonfirmsi usai pelantikan, Sukidi berjanji akan melaksanakan tugas yang dia pikul sebagai wakil rakyat dengan sebaikbaiknya. Sukidi mengaku akan mengikuti agenda yang sudah susun lembaga DPRD Banyuwangi dengan baik. “Saya akan menjalankan amanah sebagai wakil rakyat, sesuai apa yang dibutuhkan oleh rakyat,” kata dia. (radar)

Loading...