Suminto Keluar dari Gedung DPRD

0
154

sumiantoBANYUWANGI – Anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi Partai Golkar dan Hanura, Suminto, resmi mengundurkan diri dari keanggotaannya sebagai wakil rakyat. Anggota dewan asal Partai Hanura itu akan bergabung dengan Partai Gerindra. Surat pengunduran diri Suminto sudah disampaikan kepada Ketua DPRD Banyuwangi, Hermanto, dan Sekretariat DPRD Rabu lalu (17/4). “Sejak surat pengunduran diri itu saya kirim, saya sudah tidak masuk kantor (DPRD) lagi,” katanya kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin (19/4).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Menurut Suminto, pengunduran diri sebagai keanggotaan DPRD Banyuwangi itu merupakan salah satu konsekuensi dan bentuk kepatuhan pada aturan. Terutama patuh pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 7 Ta hun 2013 tentang pencalegan anggota DPR RI, DPRD, dan DPD. “Dalam aturan KPU itu sudah diatur cukup jelas bahwa bila anggota DPRD akan mencalonkan lagi,” katanya. Salah satu klausul dalam peraturan KPU itu, jelas dia, ada yang menyatakan bahwa bila anggota DPRD akan daftar lagi menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari partai lain, maka harus mengundurkan diri dari keanggotaan DPRD.

Loading...

“Bukan ha nya mundur dari partai lama, tapi juga harus mundur dari keanggotaan DPRD,” jelas Suminto. Berdasar aturan yang sudah di keluarkan KPU itu, politisi kelahiran Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, itu harus rela kehilangan keanggotaannya sebagai wakil rakyat. “Sebagai warga negara yang baik, saya harus patuhi aturan itu. Bagi saya ini adalah konsekuensi,” ungkapnya. Suminto yang tercatat sebagai kader Partai Hanura itu kini telah pindah ke Partai Gerindra. Melalui partai bentukan Prabowo Subianto itu, dia kini mendaftar sebagai caleg DPR RI.

“Saya memang pindah ke Partai Gerindra, dan sekarang akan maju lagi untuk anggota DPR RI,” cetusnya. Ketua DPRD Banyuwangi, Hermanto, saat dikonfirmasi mengakui bahwa Suminto telah mengundurkan diri dari anggota DPRD. Surat pengunduran diri tersebut juga sudah masuk ke sekretariat DPRD. “Pak Suminto mundur dari anggota DPRD karena pindah partai,” kata Hermanto. Sekadar diketahui, dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009 lalu, Partai Hanura mendapat dua kursi di DPRD Banyuwangi. Kedua kursi itu diisi Abdul Basit dan Suminto. Karena tidak bisa membentuk fraksi sen diri, maka kedua kader Partai Ha nura itu bergabung dengan Fraksi Partai Golkar. (radar)

Loading...