Survei Polltrend: Kiai Pilih Bupati Anas Jadi Cawagub Jatim

0
941
Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan khotbah (Foto: detik.com)

SURABAYA – Polltrend menggelar survei mengenai bakal calon Wakil Gubernur Jatim dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Dari hasil survei, Abdullah Azwar Anas diketahui paling banyak dipilih oleh para kiai.

Survei dilakukan pada 17 Juni-17 Juli 2017 dengan responden kiai di Jawa Timur sebanyak 61 orang. Pengumpulan data responden dilakukan dengan metode wawancara langsung. Margin of error sebesar 3-5 persen.

Dalam penelitian ini, Polltrend menggolongkan kiai dalam 4 tipologi, yakni kiai politik, kiai panggung, kiai pesantren, dan kiai tarekat. Kiai yang menjadi responden berasal dari 4 wilayah, yakni Madura, Arek, Mataraman, dan Pendalungan.

Untuk Madura, kiai yang menjadi responden berasal dari Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Wilayah Arek meliputi Kota Surabaya, Kota Malang, Batu, dan Kabupaten Sidoarjo. Wilayah Mataraman meliputi Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten dan Kota Madiun, Jombang, Lamongan, Kabupaten dan Kota Kediri, serta Blitar. Sedangkan wilayah Pendalungan meliputi Pasuruan dan Situbondo.

“Para responden dari kiai ini banyak yang memilih Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) menjadi calon wakil gubernur,” kata Direktur Eksekutif Polltrend saat rilis hasil survei kandidat gubernur dan wagub dalam Pilgub Jatim 2018 di Hotel Aria, Surabaya, Rabu (30/8/2017).

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last