Beranda Budaya Teladani Semangat Pasukan TNI ALRI 0032

Teladani Semangat Pasukan TNI ALRI 0032

0
2033
BERBENTUK KAPAL: Makam pahlawan di Pantai Boom Banyuwangi. Di tempat ini disemayamkan prajurit TNI AL yang kapalnya ditenggelamkan Belanda.

BANYUWANGI – Semangat kepahlawanan pasukan TNI ALRI 0032, tampaknya patut menjadi contoh bagi generasi muda saat ini. Demi menjaga kedaulatan negara dan tanah bumi Blambangan dari penjajah Belanda, mereka rela mengorban jiwa dan raganya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam perang ‘puputan’ yang terjadi pada 21 April 1947, sekitar 45 orang anggota ALRI 0032 di bawah pimpinan Letna Sulaeman bertempur melawan penjajah Belanda yang akan masuk ke Banyuwangi melalui Pelabuhan Banyuwangi (kini Pantai Boom). Dari jumlah pasukan itu, hampir semua tewas dengan kondisi tubuh tertembus peluru.

Hanya lima orang yang selamat,” cetus Peltu (Purn) Badrus Sjahlana, Ketua Persatuan Purnawirawan TNI AL Banyuwangi. Peperangan yang dilakoni tentara ALRI ini, sangat melegenda di Banyuwangi. Semangat perjuangannya, sempat menarika perhatian Presiden Soekarno.

Pada 1950, Presiden pertama Indonesia itu datang untuk berkunjung ke Taman Makam Laut (TML) yang kini dikenal Wisma Raga Satria Laut. Lokasi TML berada sebelah selatan pintu gerbang Pantai Boom Banyuwangi, masuk Kampung Ujung, Kelurahan Kepatihan.

Saat datang ke makam para prajurit ALRI 0032 itu, Presiden Soekarno sempat menulis prasasti yang berbunyi ”Hormatku Padamu Pahlawan” lengkap dengan tanda tangannya. “Prasasti Bung Karno itu seolah mengajarkan kalau pemimpin harus bisa mewujudkan satunya kata dengan perbuatan,” jelas Badrus.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Loading...

error: Uppss.......!