Terlibat Pertempuran Sengit dengan Sekutu di Surabaya

0
887
Gedung-bekas-Posko-Batalyon-Macan-Putih-saat-ini-masih-aktif-digunakan-proses-belajar-mengajar-pelajar-SMPN-1-Rogojampi.
Gedung bekas Posko Batalyon Macan Putih saat ini masih aktif digunakan proses belajar-mengajar pelajar SMPN 1 Rogojampi.

Mengenang Kejayaan Batalyon Macan Putih di Bumi Blambangan


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

LAHIR pada tanggal 17 September 1946 Batalyon Infanteri VI Macan Putih yang berposko di wilayah Kecamatan Rogojampi, tepatnya di sebuah gedung yang saat ini menjadi gedung SMPN 1 Rogojampi, terus diperhitungkan  keberadaannya.

Keberhasilannya dalam  menumpas penjajah di Bumi Blambangan membuat para petinggi  tentara kala itu menugaskan para pasukan Batalyon Infanteri VI Macan Putih pergi ke Surabaya. Mereka ditugaskan membantu  menghadapi tentara sekutu (Inggris) yang disinyalir akan menjajah kembali  wilayah Indonesia pasca kemerdekaan.

Keberangkatan Batalyon Infanteri VI Macan Putih ke Surabaya kala itu di bawah komando Komandan Batalyon (Danyon) Mayor R. Abdul Rivai. Setiba di Surabaya, Pos Komando Batalyon ditempatkan di Tulangan, Sidoarjo.

Loading...

Selama di Surabaya, Batalyon Infanteri VI Macan Putih terlibat pertempuran dengan musuh (sekutu) di sektor A, yakni di daerah Soka, sektor B di daerah Seimbang dan  Klagen. Kemudian di sektor C, yakni di daerah Karangpilang dan sekitarnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last