Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia
Sosial  

Tiket Kereta Api Lebaran Bisa Dipesan Mulai 25 Februari 2019

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

BANYUWANGI – Tiket Kereta Api angkutan lebaran sudah bisa di pesan mulai 25 Februari 2019. Berdasarkan kalender nasional, Hari Raya Idul Fitri di tahun ini akan jatuh pada 5-6 Juni 2019.

Bagi para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket KA Lebaran 2019/1440 H sudah bisa mempersiapkan diri, karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan penjualan tiket sejak H-90 (90 hari sebelum keberangkatan).

Manajer Humas PT KAI DAOP 9 Jember, Luqman Arif mengatakan, pada tanggal 25 Februari 2019 pukul 00.00 WIB, KAI mulai melakukan penjualan tiket untuk keberangkatan 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran) hingga penjualan tiket pada 18 Maret 2019 untuk keberangkatan 16 Juni 2019 (H+10).

“Pemesanan dapat dilakukan di website kai.id, yang merupakan KAI Access mulai pukul 00.00 WIB. Dan untuk channel eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI,” papar Luqman.

Luqman menjelaskan, memperhatikan hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah, KAI memperkirakan puncak Arus Mudik akan terjadi pada Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak Arus Balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3).

“Dalam rangka menghadapi peningkatan jumlah pengunjung channel penjualan tiket, KAI telah melakukan langkah antisipasi berupa tuning dan optimalisasi database sistem ticketing serta penambahan application server dan bandwidth internet sebanyak dua kali lipat dari hari biasa,” ujar Luqman.

“Ini agar proses pemesanan tiket dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

PT KAI meminta agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019.

Luqman berharap, bagi penumpang yang telah mendapatkan kode bayar, agar segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak maka tiket yang sudah di pesan akan terjual kembali. PT KAI juga meminta kepada masyarakat agar membeli tiket lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerjasama dengan KAI.

“Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” tuturnya.

Luqman juga berharap, masyarakat dapat menjadikan kereta api sebagai moda transportasi pilihannya pada Angkutan Lebaran tahun ini.

Sementara itu, selama angkutan Lebaran 2019, KAI Daop 9 Jember mengoperasikan 8 KA Reguler untuk KA jarak menengah dan jarak jauh serta 4 perjalanan KA lokal. Dan disetiap harinya, KAI Daop 9 menyediakan 8.522 tempat duduk.