Undang Bupati Anas Paparkan Program Pembangunan

0
184

undangJAKARTA – Bupati Abdullah Azwar Anas Minggu lalu (18/4) diundang Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, di Jakarta. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas diminta memaparkan potensi dan program prioritas yang dilakukan Pemkab Banyuwangi. Pertemuan tersebut berlangsung di rumah dinas Dubes Amerika Serikat (AS) Jalan Untung Suropati, Menteng, Jakarta.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Paparan yang disampaikan bupati itu memikat perhatian Dubes Marciel untuk datang ke Banyuwangi. Bupati Anas secara khusus mengundang Dubes Marciel datang ke Banyuwangi pada Festival Banyuwangi 2013 mendatang. Kepada Bupati Anas, Dubes Marciel mengaku mengikuti perkembangan pembangunan yang sedang dilakukan masyarakat Banyuwangi. Beberapa waktu lalu, Marciel pernah mengutus staf Kedubes AS untuk datang ke Banyuwangi.

Salah satu misinya adalah melihat langsung potensi wisata alam Gunung Ijen. “Pak Dubes mengakui keindahan wisata alam Gunung Ijen,” ujar Bupati Anas. Kedubes AS di Jakarta memberikan perhatian khusus terhadap beberapa daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang menjadi perhatian adalah Banyuwangi. Pembangunan Banyuwangi mendapat perhatian karena Anas merupakan salah satu bupati yang pernah mendapat pendidikan khusus tentang pelayanan publik di Harvard Kennedy School.

Harvard dan pemerintah AS berharap alumni pendidikan khusus itu memiliki kecepatan dalam membangun masyarakat. Tidak hanya itu, Harvard dan pemerintah AS berharap bupati yang pernah mengenyam pendidikan khusus di Harvard itu memiliki prestasi dalam menyejahterakan masyarakat. Karena itu, melalui Kadubes AS di Jakarta, pemerintahan Barak Obama itu terus memantau program inovasi dan pencapaian pembangunan Banyuwangi.

Perlu diketahui, AS bekerja sama dengan yayasan pendidikan di Indonesia untuk menyekolahkan para bupati dan wali kota di Indonesia ke Harvard Kennedy School. Para bupati itu akan belajar tentang kebijakan publik untuk dipraktikkan di daerah masing-masing. “Tujuan program tersebut adalah membangun rasa, memahami, dan meningkatkan kapasitas pejabat lokal,” ujar Scot Marciel saat bertemu Bupati Anas dan beberapa kepala daerah lain.

Pemerintah AS, kata Marciel, sangat menyukai program itu karena akan membangun Indonesia dan kemitraan dengan Amerika Serikat. Program ini sudah berjalan selama tiga tahun. Kepala daerah yang sudah mengikuti program tersebut, antara lain Bupati Banyuwangi, Lombok, dan Sumbawa Barat. “Saya percaya program ini akan meningkatkan kinerja mereka,” ucap Marciel ditirukan Bupati Anas.

Melalui jaringan alumni Harvard, Bupati Anas bertekad memacu pembangunan Banyuwangi lebih inovatif. Percepatan pembangunan Banyuwangi akan terus diikhtiarkan demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Banyuwangi. Dalam pertemuan dengan Dubes Marciel itu juga ada beberapa bupati dan wali kota daerah lain sesama alumni Harvard. Wakil Menteri Aparatur Negara dan RB Eko Prasojo dan sejumlah pejabat Kemendagri dan para pebisnis nasional juga hadir dalam pertemuan itu. (radar)

Loading...